Bahasa Jawa Orang Samin di Kabupaten Blora

Oleh: Wakit Abdullah
Jurusan Sastra Daerah
Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret

A. PENDAHULUAN
Kajian terhadap kategori dan ekspresi BJSa di Kabupaten Blora berdasarkan pertimbangan-pertimbangan berikut ini. Pertama, secara historis di Blora terdapat masyarakat Samin yang memiliki latar belakang sejarah yang menarik perhatian para ahli. Samin lahir di Plosokediren, Randublatung, Blora pada tahun 1859, anak dari seorang bangsawan Bojonegoro (ada yang menyebut dari Ponorogo) bernama R. Surowijoyo (atau disebut Samin Sepuh). Agar sosok tersebut lebih merakyat nama R. Kohar diganti menjadi nama Samin. Kemudian dilengkapi menjadi Samin Surosentiko dan bergelar Panembahan Suryongalam. Menurut informan yang tidak mau disebut Samin ini terdapat hubungan sejarah dengan Pura Mangkunegaran di Surakarta, tetapi tidak mau membawa-bawa nama Pura Mangkunegaran tersebut, agar tidak mengotori kebaikan namanya di mata masyarakat, terutama di depan penjajah Belanda. Kedua, secara linguistik ditemukan adanya data kebahasaan BJSa, yang tidak dijumpai bentuk tersebut dalam BJ lain. Ketiga, secara kultural masyarakat Samin berusaha menciptakan warna budaya Jawa yang berbeda dengan budaya Jawa lainnya. Berdasarkan alasan tersebut secara etnolinguistik, BJSa layak untuk dikaji secara ilmiah seperti tulisan ini.

Berdasarkan pendahuluan tersebut di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini yaitu: (i) apakah latar belakang yang mempengaruhi keunikkan bahasa Jawa dialek Samin itu dari sudut pandang etnolinguistik, (ii) apa sajakah ciri-ciri dialektal bahasa Jawa Samin itu terutama ciri-ciri semantik kulturalnya, dan (iii) bagaimanakah perbedaan karakteristik bahasa Jawa Samin dengan bahasa Jawa pada umumnya, terutama bahasa standar.

B. KAJIAN TEORITIK DAN TINJAUAN PUSTAKA
Kajian tentang etnolinguistik berkaitan dengan hipotesis Sapir-Whorf , yang disebut pula sebagai relativitas bahasa (language relativism) dari pikiran Boas (lihat Samson, 1980: 81). Hipotesis tersebut menyatakan bahwa bahasa manusia membentuk atau mempengaruhi persepsi manusia akan realitas lingkungannya atau bahasa manusia mempengaruhi lingkungan dalam memproses dan membuat kategori-kategori realitas di sekitarnya (lihat Samson, 1980: 81-82). Lebih lanjut dijelaskan (Duranti, 1997: 1) bahwa etnolinguistik juga disebut linguistik antropologi (anthropological linguistics) merupakan kajian bahasa dan budaya sebagai sub-bidang utama dari antropologi. Demikian pula Richards, Platt, Weber (1990: 13) menyatakan bahwa linguistik antropologi (anthropological linguistics) adalah cabang linguistik yang mengkaji hubungan antara bahasa dan kebudayaan dalam suatu masyarakat. Hal itu dapat ditafsirkan sebagai konteks dari hipotesis Sapir-Whorf maupun dalam konteks bahasa sebagai cermin bangsa (Subroto, 2003: 7). Bahasa Jawa Orang Samin yang unik juga merupakan bukti perilakunya dan sekaligus cara berpikirnya? Michael R. Dove dalam suntingannya tentang buku Peranan Kebudayaan Tradisional Indonesia dalam Modernisasi (l985:xv) mengemukakan bahwa peranan kebudayaan tradisional sering keliru dipersepsikan oleh sebagian orang dalam pembangunan, karena dianggap sebagai penghambat kelancaran pembangunan atau modernisasi. Pada hal sebenarnya terkait erat dengan proses sosial, ekonomis dan ekologis masyarakat secara mendasar. Lebih dari itu kebudayaan tradisional bersifat dinamis, selalu mengalami perubahan dan karena itu tidak bertentangan dengan proses pembangunan itu sendiri. Bagaimana dengan kasus masyarakat /orang Samin di Blora? Mereka mempertahankan Saminisme, untuk melawan orang lain (waktu itu penjajah Belanda, sekarang?). Koentjaraningrat (l990:l83-l84&224) menyatakan bahwa kebudayaan merupakan kompleks ide, gagasan, norma, nilai, peraturan, kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan benda-benda hasil karya manusia. Alam sekitar mempunyai kekuatan dan berpengaruh terhadap kehidupan material maupun spiritual masyarakatnya (Mulder,l984), serta tergantung pula pada watak pribadi individualnya (Surjobroto,l983).

1. Latar Belakang Keunikan Bahasa Jawa Samin dari Sudut Pandang
Etnolinguistik, berhubungan dengan hal-hal berikut ini.
a. Pengertian Samin, Agama Samin/ Agama Adam/ Agama Sikep
d. Pandangan Orang Samin Tentang Pendidikan
e. Pandangan Orang Samin Tentang Pertanian
f. Pandangan Orang Samin Tentang Ekonomi
g. Pandangan Orang Samin Tentang Perkawinan.
h. Pandangan Orang Samin Tentang Khitanan
i. Pandangan Orang Samin Tentang Kematian
i. Pandangan Orang Samin Tentang Perdagangan.
j. Istilah-istilah Tradisi dalam Budaya Samin, meliputi (1) Samin (2) Samin Surosentiko/ Samin Surontiko; (3) Panembahan Suryongalam, (4) Raden Surowijoyo/ Samin Sepuh; (5) Wong Samin; (6) Wong Sikep; (7) Wong Dam; (8) Sikep ; (9) Mak-Yung; (10) Pajeg; (11) Lila legawa; (12) Sedulur; (13) Sedulur njero; (14) Sedulur njaba; (15) Tiyang Sami-sami; (16) Agama Adam/ Agama Samin/ Agama Sikep; (17) Gaman; (18) Buku teles; (19) Buku garing; (20) Samin sangkak; (21) Samin lugu; (22) Salin sandhangan; (23) Adang akeh; (24) Dluwang garing; (25) Turun; (26) Rukun; (27) Urip rukun; (29) Dhemen,; (30) Taning-taning/mredhil/ mrail; (31) Selakan; (32) Tuna sathak bathi sanak; (33) Tingkeban; (34) Brokoh; (35) Pangucap; (36) Pratikel, (37) Trokal; (38) Toreh; (39) Geblage; (40)

2.Hubungan perilaku Samin dengan bahasa Jawa yang digunakan
Hubungan perilaku orang Samin di Blora dengan bahasa Jawa yang digunakan dapat dikelompokkan dalam dua spesifikasi, yaitu (i) bahasa Jawa samin yang memiliki karakteristik seiring dengan kultur orang Samin (tercermin untuh ketika mereka bertemu dengan orang dari luar komunitasnya, khususnya kelompok Samin Sangkak/ Sangkal) dan (ii) bahasa Jawa Samin yang bentuk, struktur dan maknanya sama dengan bahasa Jawa umumnya (mereka banyak yang menjadi pengikut Samin, tetapi engggan diketahui jati dirinya)

3. Ciri-ciri bahasa Jawa Samin
Ciri-ciri bahasa Jawa Samin antara lain (1) secara fonologis, dominannya vokal /E/ dari pada /I/ dan /O/ dari pada /U/, (2) secara leksikal, dominannya partikel penekan lEh dari pada /lah/ dan /tO/, (3) secara dialektal, unsur leksikal tertentu yang menunjukkan ciri-ciri dialek bahasa Jawa pesisir, (4) secara morfologis, terdapatnya unsur morfologis enklitik em dalam bahasa Jawa Samin (dalam bahasa Surakarta mu), (5) dan secara etnolinguistik, terdapat unsur leksikal yang memiliki makna kultural

4. Perbedaan Karakteristik Bahasa Jawa Samin dengan Bahasa Jawa Lainnya
Berdasarkan data-data yang telah ditemukan, karakteristik bahasa Jawa Samin apabila dibandingkan dengan bahasa Jawa pada umumnya (terutama bahasa Jawa Surakarta), menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan. Perbedaan itu meliputi unsure fonologi, morfologi, sintaksis dan makna kultural.

E. Penutup
Berdasarkan pembahasan datanya di atas dapat disimpulkan sebagai berikut. (i) Latar belakang yang mempengaruhi keunikan bahasa Jawa Samin meliputi unsur politik tradisional, dan akhirnya memunculkan spiritualitas Samin (mereka menyebut agama Samin) yang khas, budaya Jawa Samin yang unik dan bahasa Jawa Samin yang memiliki nilai linguistis yang berbeda dengan bahasa Jawa (ii) Ciri-ciri bahasa Jawa Samin secara fonologis meunjukkan dialek bahasa Jawa pesisir (BJP) dengan adanya dominasi fonetis /E/ dan /O/, secara morfologis terdapatnya enklitik {-em} yang dalam bahasa Jawa umum seperti bahasa Jawa Surakarta menjadi {-mu}, secara sintaksis munculnya kalimat dengan logika terbalik atau unik, secara semantik lebih dominan memiliki makna kultural khas Samin, karena tidak berlaku dalam bahasa Jawa pada umumnya. (iii) Perbedaan bahasa Jawa Samin dengan bahasa Jawa pada umumnya meliputi unsur fonetis, morfologis, sintaksis dan semantik. Terutama dilihat secara nyata dalam peta dialek yang ada dalam bahasa Jawa..

Daftar Pustaka
Clark, Herbert H and Eve V. Clark, 1977, Psychology and Language: An Introduction toPsycholinguistics, N.Y. Harcourt, Brace Jovarovich.

Fernandez, Inyo Yos., 2009, Etnolinguistik , Hasil Kuliah S-3, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Geertz, C., l98l, Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka Jaya.

Grijns, 1976, Beberapa Segi Dialektologi Umum, Tugu Bogor, P3B Depdikbud.

Koentjaraningrat, l967, Beberapa Pokok Antropologi Sosial, Jakarta: Dian rakyat.

_____, l97l, Manusia dan Kebudayaan di indonesia, Jakarta: Djambatan.

_____, l977, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia.

Mahsun, 2005, Konsep Ruang dalam Bahasa mBojo dan Kaitannya dengan Cara Pandang Masyarakat Penuturnya , dalam Linguistik Indonesia, Pebruari 2005, Th ke-23, Nomor 1.

Michael R. Dove, l985, Peranan Kebudayaan Tradisional Indonesia dalam Modernisasi.

Niels Mulder, l974, Saminisme and Budhisme: A Note on Field Visit to a Samin Community , Asian Quarterly, A Journal From Europe, No.3.

_____, l984, Kebatinan dan Hidup Sehari-hari Orang Jawa, Jakarta: Gramedia.

Suripan Sadi Hutomo, 1985, Samin Surosentiko dan Ajaran-ajarannya, Basis, No.1&2, Januari-Pebruari l985, Yogyakarta.

-

Arsip Blog

Recent Posts