Pesona Topeng Rangde di festival Bulgaria

London, Inggris - Penggalan pendek kisah Rama menyelamatkan Shinta dari cengkaraman Rahwana yang diperankan salah seorang penari dengan menggunakan topeng "Rangde", menarik perhatian masyarakat kota Pernik di Bulgaria.

Penonton berkali-kali meneriakkan: "bravo, bravo. Indonesia", kepada tim kesenian KBRI Sofia seusai tampil dengan fragmen pendek Epic Mahabrata di lapangan terbuka pusat kota Pernik, tempat berlangsungnya the Surva XXIII International Festival of Masquerade 2014, Sabtu.

Sekretaris dua KBRI Sofia Dina Martina kepada ANTARA, Minggu, mengatakan Tim KBRI yang menggunakan kostum tradisional dan Rangde menjadi pusat perhatian penonton yang mengelilingi lapangan terbuka pusat kota saat itu.

Dikatakannya, Tim kesenian KBRI yang dipimpin I Nyoman Chaya, Dosen ISI Surakarta, juga menampilkan grup gamelan KBRI yang terdiri dari staf KBRI dan pelajar Bulgaria sebagai pengiring tari.

Nyoman Chaya juga bertindak sebagai koreographer tari dan musik tradisional Tim Kesenian.

Meskipun cuaca saat itu kurang bersahabat dengan turunnya salju, penonton tetap tidak beranjak dari tempatnya.

Di sepanjang jalan menuju pusat kota Pernik, tim kesenian KBRI memainkan gamelan, gong, kendang dan atraksi topeng Rangde Bali.

Tidak hanya topeng Rangde dan kostum penari yang menjadi perhatian penonton tetapi juga gamelan dan kendang.

Alat musik tradisional Indonesia tersebut nampak sebagai sesuatu yang baru bagi mereka sehingga para kru TV pun meliputnya dari jarak dekat.

Tim KBRI yang berada di barisan pertama, merupakan tim asing yang mendapatkan kesempatan pertama tampil di lapangan terbuka.

-

Arsip Blog

Recent Posts