Festival Topeng Digelar 19-21 Juni di Balekambang

Solo, Jateng – Penyelenggaraan Indonesia Mask Festival (IMF) 2014 pada pertengahan tahun ini terus dipersiapkan. Even yang baru pertama kali ini digelar, digadang-gadang mampu menjadi salah satu ikon Kota Solo di dunia seni tingkat international.

“Rencananya kami akan mengundang 12 delegasi. Enam dari dalam negeri dan sisanya dari luar negeri. Sejauh ini kami telah mendapat persetujuan dari negara Korea, Jepang dan Inggris. Sedangkan untuk delegasi dari dalam negeri dari daerah Yogya, Malang dan Surabaya,” terang Ketua Panitia IMF 2014, Irawati Kusumorasri saat dihubungi Timlo.net, Sabtu (25/1) siang.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Ira itu juga mengatakan, dalam pertunjukan tersebut sejumlah delegasi akan menampilkan sejumlah kesenian yang memiliki tautan dengan legenda topeng di daerahnya masing-masing. Kesenian tersebut nantinya akan diwujudkan ke dalam sebuah seni tari yang sarat akan muatan budaya dari masing-masing daerah atau negara.

“Kami berikan mereka kesempatan perform. Untuk dalam negeri akan tampil sebanyak satu kali, sedangkan delegasi luar negeri tampil sebanyak dua kali,” ungkap Bunda Ira.

Mengingat IMF baru diadakan tahun ini, lanjut Bunda Ira, pihaknya akan menggelar sejumlah rangkaian acara. Mulai dari workshop, pameran, serta karnaval yang bernuansa tentang topeng.

Disinggung tema yang akan diangkat nanti, diungkapkan, pihaknya akan mengusung tema tentang lakon Panji. Dipilihnya tema tersebut karena cerita Panji yang menceritakan tentang cinta kasih antara Raden Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji tersebut sudah menyebar ke berbagai penjuru Nusantara, seperti Bali, Jawa dan Kalimantan. Bahhkan, sampai ke negeri di benua Asia, seperti Kamboja, Myanmar dan Filiphina.

“Temanya kita mengusung sosok Panji Asmarabangun. Mengingat, sosok tersebut telah banyak dikenal di berbagai penjuru negeri,” ungkap Bunda Ira.

Rencanaya, IMF sendiri akan digelar selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 19-21 Juni di Kawasan Taman Balekambang, Solo.

-

Arsip Blog

Recent Posts