Wah, Pemuda Bulgaria Belajar Membatik!

Jakarta - Dari dulu hingga sekarang, batik, yang merupakan seni khas dari Indonesia, sudah mendunia. Tidak hanya ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia, batik juga menarik minat masyarakat berbagai negara.

Salah satu negara yang tertarik dengan batik adalah Bulgaria. Di Targovishte, Bulgaria, ada sebuah gedung yang menyediakan satu ruangan untuk belajar proses pembuatan batik. Selain menyediakan "Ruang Batik", gedung ini juga menjadi pusat aktivitas para pemuda untuk belajar berbagai kesenian, seperti olah suara, drama, musik, lukis dan pahat.

Keberadaan Ruang Batik di Targovishte didukung penuh Walikota Targovishte Dr. Krassimir Mirev. "Kata Indonesia yang melekat di ingatan saya adalah batik, karena anak-anak Targovishte sejak dahulu telah belajar membatik di Gedung Pemuda Targovishte," ujar Mirev, seperti dikutip dari laman Kemlu, Rabu (25/12/2013).

Direktur Gedung Pemuda Daniela Marcheva menjelaskan, Ruang Batik terletak di lantai basement Gedung Pemuda Targovishte, satu lantai dengan ruang pahat. Penempatan ini, katanya, dimaksudkan agar kegiatan membatik yang menggunakan pemanasan lilin tidak mengganggu aktivitas kesenian lainnya.

Yup, Ruang Batik ini memang dirancang sedemikian rupa sebagai sarana belajar pembuatan batik. Kita bisa menjumpai berbagai peralatan membatik seperti canting dan lilin di Ruang Batik. Pelajaran membatik di sini juga enggak terbatas pada media kain. Buktinya bisa kita lihat melalui berbagai hasil membatik berupa lukisan pada kanvas, botol dan piring yang dipajang di sepanjang dinding ruangan dan meja yang ada.

Lebih bangganya lagi, pengajar kelas Slavka Giorgieva, menjelaskan, dia telah mengenalkan seni lukis melalui proses membatik kepada para pelajar Targovishte sejak 20 tahun silam. Nah, untuk menyiasati kekurangan pengetahuan anak didiknya tentang motif batik, Giorgieva akhirnya meminta mereka berkreasi menuangkan imajinasi masing-masing.

Uniknya, perbedaan budaya antara Indonesia dengan Bulgaria justru menghasilkan gambar-gambar atau motif-motif yang tidak pernah ada di Indonesia. Kita bisa melihat karya batik Santa Klaus, bidadari dan rumah bersalju.

"Ini batik dengan motif Bulgaria," imbuh Giorgieva seraya menjelaskan bahwa setiap tahun lukisan batik anak didiknya diikutsertakan ke dalam pameran-pameran di berbagai kota di Bulgaria.

-

Arsip Blog

Recent Posts