Peringati Maulid Nabi, Singkawang Gelar Lomba Qasidah

Singkawang, Kalbar - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H di Kota Singkawang akan diwarnai beberapa kegiatan. Selain dilaksanakan tausiyah, hiburan musik religi Al-Madina juga akan diadakan lomba Qasidah dengan memperebutkan hadiah total uang senilai Rp25 juta.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, Ruslan Karim atau yang biasa disapa Haji Bol mengatakan lomba qasidah yang akan dilaksanakan pada 21-25 Januari 2014. Lomba ini terbuka untuk masyarakat Singkawang dan peserta undangan dari Kabupaten terdekat.Pada malam pembukaan (21/1) akan diisi dengan tausyiah yang rencananya disampaikan ustadz Mulyadi, pimpinan pondok pesantren tahfidz qur’an. Sementara malam penutupan (25/1) dimeriahkan penampilan hiburan musik religi gambus Al-Madina dari Pontianak sekaligus pembagian hadiah. Kegiatan nantinya akan dipusatkan di halaman Mess Daerah Singkawang. “Peserta bisa dari utusan madrasah/sekolah, majelis taklim, remaja masjid, jemaah pengajian. Kegiatan ini tidak hanya untuk masyarakat Kota Singkawang, tetapi kita juga mengundang dari Sambas dan Bengkayang,” kata Haji Bol.

Disebutkan Haji Bol, ada dua kategori dalam lomba qasidah yang akan dilaksanakan. Kategori remaja yaitu untuk usia maksimal 25 tahun, serta kategori dewasa usia 25 tahun ke atas. Pendaftaran dapat dilakukan dari 9 hingga 20 Januari di Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, dengan menghubungi saudara Miftahul Khair dan Islamiyati.Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Jawani memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan PHBI. Pihaknya mengimbau kepada majelis taklim, pengurus masjid, sekolah/madrasah untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Selain tujuan intinya memperingati Maulid Nabi Muhammad, kegiatan ini juga bermaksud menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat dalam siaran tamadun Islam atau kesenian Islam,” kata Jawani.Menurut Jawani, menambahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 juga bisa dilaksanakan pihak-pihak lain, misalnya dengan mengadakan kegiatan ceramah agama, perlombaan yang bernuasa Islam di masjid-masjid, sekolah/madrasah, dinas/instansi, memasang spanduk maupun umbul-umbul di masjid- masjid, madrasah. “Kita berharap peringatan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan Tema maulid Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1435 H, mari kita jadikan Singkawang damai dan harmonis,” katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts