Sekaten, Warga Yogya Pesta Telur Merah

Yogyakarta - Ribuan warga Yogyakarta tumpah ruah berpesta dan saling berebut makanan tradisional endog abang alias telur merah dalam pembukaan tradisi Sekaten di Alun Alun Selatan Selasa sore 7 Januari 2014.

Dalam perayaan itu, warga juga mengikuti prosesi kembul dhuwur atau makan bersama nasi gurih bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta serta perwakilan Keraton Yogya dan Pakualaman.

Panitia acara Yetti Martanti menuturkan, perayaan kembul dhuwur nasi gurih dan telur merah ini menjadi pembuka momen Miyos Gongso, sebagai bagian utama pembukaan tradisi Sekaten. Dalam acara Miyos Gongso yang digelar malam hari ini, sepasang gamelan dikeluarkan dari Keraton Yogya menuju Masjid Agung.

"Kembul dhuwur ini sudah lama tak dimasukkan dalam perayaan Sekaten, sekarang kami hidupkan lagi karena ini bagian tak terpisah," kata Yetti kepada Tempo.

Tak tanggung tanggung, dalam acara makan bersama itu panitia membuat gununga tumpeng ekstra besar dengan tinggi 3 meter dan diameter 3,3 meter. Tumpeng itu tersusun atas 99 tumpeng ingkung dan 1000 telor merah.

Dalam acara yang menggandeng pegiat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Kota Yogya itu, panitia pun menyiapkan seperempat kuintal nasi gurih.

Yetti menuturkan, meski sekaten kini lebih banyak dimaknai oleh warga sebagai pasar malam dan bukan tradisinya, namun pemerintah berusaha tidak menghilangkan unsur unsur penyusunnya.

"Termasuk nasi gurih dan telur merah yang sejak dulu jadi makanan khas sekaten, itu harus tetap ada agar warga ingat maknanya," kata Yetti yang juga Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta itu.

Nasi gurih dan telur merah ini dimaknai sebagai simbol kemakmuran dan rejeki.

Di antara ratusan kios pasar malam sekaten yang tersebar saat ini, keberadaan penjual nasi gurih memang hampir sangat sulit ditemukan. Termasuk penjaja telur merah yang biasanya merupakan perempuan lanjut usia dengan menggelar gendongannya di sudut sudut Alun Alun.

Sebagai gantinya, stand dan kuliner sekaten kini lebih banyak berisi wahana permainan, penjual pakaian, hingga dealer sepeda motor.

-

Arsip Blog

Recent Posts