Wisatawan Pertama ke Karimun Dapat Telur Rebus dan Hadiah Ini dari Wakil Bupati

Karimun, Kepri - Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyambut wisatawan atau turis asing pertama Karimun di tahun 2017, Minggu (1/1/2017), di pelabuhan internasional Taman Bunga, Tanjungbalai Karimun.

Wisatawan itu berasal dari Malaysia yang datang dari pelabuhan Kukup, Malaysia.

Begitu wisatawan itu turun, Anwar yang telah menunggu di ponton pelabuhan langsung menyambutnya dengan pengalungan bunga.

Selain itu, para wisatawan juga mendapat telur rebus yang dirangkai cantik seperti bunga.

Kedatangan wisatawan itu juga disambut dengan alunan musik alat tradisional, seni tari budaya melayu, tionghoa dan jawa berupa kompang, barongsai dan reog ponorogo.

Keduanya tampak ramah-tamah dengan terlibat perbincangan singkat diikuti salaman.

Anwar terdengar mengucapkan kata-kata selamat datang di Karimun yang kemudian dibalas dengan ucapan terima kasih oleh wisatawan asal negeri Jiran, Malaysia itu.

"Selamat datang, semoga betah selama di Karimun," ujar Anwar.

Anwart juga mengajak para wisatawan mancanegara itu menyantap sarapan khas budaya melayu seperti nasi lemak dan mi siam di tempat yang telah disediakan, yakni di halaman perkantoran Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun.

Melengkapi kejutannya, Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Pemkab Karimun juga memberikan voucher menginap semalam gratis kepada para wisatawan pertama tersebut.

Wisatawan asal Malaysia bernama Wahib bin Musiran ini mengaku terkesan dengan sambutan yang diberikan masyarakat Karimun.

Ia juga merasa seakan berada di negaranya sendiri karena budaya melayu masyarakat Karimun sama-sama kuat.

Begitu juga bahasa dan masakannya sehingga ia merasa seperti di kampung sendiri.

"Bahasa dan budayanya sama-sama Melayu. Saya rasa seperti di kampung sendiri. Insya Allah betahlah," katanya dalam bahasa Melayu yang kental.

Anwar mengatakan, Pemkab Karimun bertekad untuk membenahi objek-objek wisata di Kabupaten Karimun seperti air terjun Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, kolam air panas di Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru dan lainnya.

Anwar juga mengimbau masyarakat Kabupaten Karimun untuk terus menjaga keamanan, kondusifitas dan kebersihan agar tamu-tamu asing dapat betah dan merasa nyaman selama berada di Bumi Berazam.

Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun mengklaim kunjungan wisatawan ke Karimun pada 2016 tercatat mengalami peningkatan sebesar 0,43 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2015 sebanyak 81.761 wisman, pada di 2016 naik menjadi 82.198 wisman atau sekitar 437 wisman.

Pada 2017, Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun menyiapkan sejumlah agenda pariwisata seperti festival barongsai dan lampion pada Februari nanti, atau bertepatan perayaan Imlek.

Selain itu juga akan digelar festival seni budaya reog ponorogo asal Jawa Timur.

Syuryaminsah, Kadis Pariwisata, Seni dan Budaya Pemkab Karimun mengatakan pihaknya tetap menyasar wisawatan dari dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

-

Arsip Blog

Recent Posts