Warga Bejiharjo Gelar Kirab Budaya

Wonosari, DIY - Sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan, ratusan warga empat dusun meliputi Banyubening 1, Banyubening 2, Kulwo dan Ngringin, Desa Bejiharjo, Karangmojo mengadakan bersih dusun. Empat gunungan masing-masing padukuhan dikirab dengan dikawal berbagai kesenian tradisional menuju Balai Desa Bejiharjo.

“Pelaksanaan bersih dusun merupakan agenda rutin tahunan. Bersih dusun merupakan rasa syukur masyarakat, atas berkah yang diberikan Tuhan, baik melalui panen ataupun usaha lain,” kata Suristo Ketua Panitia bersih dusun disela-sela acara, Rabu (13/08/2014).

Dikatakan, untuk tetap melestarikan kebudayaan, panitia juga menggelar pentas seni jathilan, festival ketoprak, reog dan karawitan. Puncak acara dilaksanakan kirab membawa gunungan ke balai desa serta kenduri yang dihadiri masyarakat serta wayang kulit dengan dalang Sujiyo dari Kecamatan Panggang.

“Peninggalan atau warisan leluhur memang perlu dilestarikan, agar masyarakat ke depan diberikan kemudahan rejeki maupun kelancaran dalam bertani ataupun berdagang. Bersih dusun juga akan mampu meningkatkan tali silaturahmi dan persaudaraan,”jelasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts