Tugu LB Moerdani

Merauke merupakan kota di ujung timur Indonesia yang penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Wilayah yang keseluruhan wilayahnya merupakan dataran ini menyimpan berbagai tugu atau monumen bersejarah. Monumen-monumen tersebut sangat erat kaitannya dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tugu LB. Moerdani

Pada 4 Juni 1962, di Merauke atau tepatnya di Distrik Tanah Miring untuk pertama kalinya dilakukan penerjunan pasukan RPKAD TNI di bawah pimpinan Mayor LB. Moerdani. Penerjunan ini dilakukan dalam rangka pembebasan Irian Barat dari penjajah Belanda.

Untuk mengenang LB Moerdani sekaligus peristiwa yang disebut Operasi Naga tersebut, tanggal 6 Nopember 1961 diresmikanlah berdirinya monumen ini. Monumen LB Moerdani berntuka sebuah patung seorang tentara yang sedang terjun sedang memegang senapan laras panjang lengkap dengan parasutnya. Pada monumen yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota ini terdapat tulisan yang berbunyi “Disini Daerah Penerjunan Dalam Rangka Pembebasan Irian Barat Yang Dipimpin Oleh Mayor L. Benny Moerdani Pada Tanggal 4 Juni 1962.” Namun sayangnya terjadi vandalisme oleh tangan-tangan jahil pada tulisan tersebut.

***

Sumber: http://clubbing.kapanlagi.com/threads/115558-Merauke-Kota-Bersejarah-Republik-Indonesia

Foto: travel.detik.com
-

Arsip Blog

Recent Posts