Batik Bantul Diperkenalkan di Museum Tekstil Jakarta

Yogyakarta - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkenalkan produk kerajinan batik daerah ini di Jakarta agar bisa diketahui masyarakat nasional.

"Upaya mengenalkan batik produk Kabupaten Bantul dikemas dalam pergelaran Mahakarya Batik Bantul 2012 di Museum Tekstil Jakarta, belum lama ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul Bambang Legowo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, acara yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pekan Batik Nusantara di Jakarta itu, merupakan salah satu upaya untuk lebih mengenalkan produk Batik Bantul di tingkat nasional, sehingga diharapkan akan lebih terkenal sekaligus diminati masyarakat.

"Pada acara itu, juga hadir Ny Iriana Joko Widodo (istri gubernur DKI Jakarta Joko Widodo), dan Bupati Bantul Sri Surya Widati serta pecinta batik di seluruh Jakarta dan sekitarnya," kata Bambang Legowo.

Ia mengatakan rombongan tim pergelaran Mahakarya Batik Bantul terdiri atas para usaha kecil menengah (UKM) Batik, penari dan perancang busana.

"Di sesi pameran, rombongan dari Bantul menampilkan produk batik andalan Bantul yaitu batik pewarna alami, dan batik khas corak Bantul dari Imogiri, Wijirejo, maupun Bambanglipuro," katanya.

Sedangkan pada sesi "fashion show", kata Bambang Legowo, pihaknya menampilkan produk batik Bantul dengan berbagai model yang diperagakan peragawan-peragawati yang sudah berpengalaman.

"Secara keseluruhan pergelaran Mahakarya Batik Bantul berjalan sukses, dan mendapat tanggapan yang bagus dari masyarakat Jakarta, baik pada sesi pameran maupun sesi `fashion show`," kata Bambang Legowo.

-

Arsip Blog

Recent Posts