Drama Wayang Sumpah Abimanyu, Menuju Opera Terbaik Dunia

Jakarta - Indonesia berkepentingan menjaga dan melestarikan beragam seni budaya, agar terus dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.

Untuk itu, perlu adanya serangkaian kebijakan serta upaya yang terencana, komprehensif, dan terintegrasi dari semua elemen.

Menurut Ketua Umum Himpunan Seni Budaya bangsa Indonesia (HISBI), Erman Suparno, melestarikan seni budaya bangsa, khususnya seni tradisional Indonesia, bukan semata-mata menjadi kepentingan dan tanggungjawab pemerintah. Tetapi juga kewajiban semua lapisan masyarakat, termasuk para senimannya.

Hal ini terkait dengan rencana pementasan The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka di bawah binaannya. Membawakan lakon Sumpah Abimanyu (The 13th Day of Barathayuda), yang akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Selasa 30 April 2013 pukul 20.00 WIB.

Opera Wayang Sumpah Abimanyu sebelumnya sukses dipentaskan dan sempat membuat terharu sekitar 1.000 orang penonton, di Taman Budaya Yogyakarta, 22 Desember 2012.

The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka, adalah sebuah penyajian seni tradisional dalam kemasan baru. Perpaduan wayang orang, wayang kulit, seni musik, seni rupa dan teater modern, yang didukung oleh 150 seniman dan disajikan dalam bahasa Indonesia.

Pentas Selasa (30/4) mendatang, menghadirkan para bintang panggung dari Jakarta, Yogyakarta, dan Surakarta. Diantaranya Dewi Sulastri (Dewi Utari), Ali Marsudi (Abimanyu), Agus Prasetyo (Resi Bisma), Eny Sulistyowati (Srikandi), Ida Riyani (Sembodro), Siti Maryuni (Kunti), Koko Sudarmaji (Resi Durna), Achmad Dipoyono (Gatotkaca), Irwan Riyadi (Basukarna), Bathara (Sumitra), dan puluhan pemain pendukung lainnya. Didukung para penari dan pemusik alumnus perguruan tinggi seni, yang memiliki reputasi dan prestasi dunia.

Mencontoh Totalitas Kabuki
Erman Suparno, mengambil contoh totalitas seniman Kabuki (kesenian tradisi Jepang yang mengedepankan unsur musik atau lagu, tarian dan akting). Jepang itu negera maju dan modern.

”Meski demikian mereka tetap menjaga kelestarian, keutuhan budaya tradisinya. Totalitas para senimanKabuki itu bisa menjadi acuan bagi kita. Meski Jepang sudah canggih, tapi tetap melestarikan budaya tradisionalnya hingga usianya empat ratus tahun lebih,” ujar mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Bila dibanding Jepang, khasanah seni dan budaya Indonesia justru lebih kaya. Bangsa Indonesia lebih dari 300 kelompok etnik. Ada lebih dari 1.340 suku. Potensi ini yang menjadikan bangsa ini sangat kaya dengan keragaman budaya bila dibanding bangsa manapun.

”Bila potensi ini mampu kita eksplor secara maksimal maka akan mejadi kekuatan kultural bagi bangsa ini,” ucap dia.

Sebagai generator HISBI, bagi Erman, menjadi keharusan mendukung berbagai upaya para seniman, termasuk apa yang sudah dilakukan oleh para seniman yang tergabung di Swargaloka Art and Culture Foundation. “Swargaloka selama ini dinilai berhasil menggiatkan seni tradisi dengan berbagai strateginya," imbuh Erman.

Upaya kreatif yang terus membuka cakrawala pemikiran kita. Menyajikan seni tradisionil dengan kemasan baru kolosal dan spektakuler. Memadukan wayang orang, wayang kulit, seni musik, seni rupa, teater modern, dengan sentuhan multimedia, dan memakai pengantar bahasa Indonesia,” ujar salah satu Pembina Swargaloka Art and Culture Foundation, yang juga dosen di beberapa universitas ini.

Untuk mendukung gerakan kebudayaan ini, The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka, juga sempat melibatkan beberapa artis penyanyi, aktor, aktris film, dan komedian. Diantaranya Sruti Respati, Inul Daratista, Endah Laras, Ageng Kiwi, Ray Sahetapy, Pong Hardjatmo, Eddie Adelia, Yaty Surachman, Didi Nini Thowok, Marwoto, dan para artis lainnya.

Sumber : http://www.beritasatu.com/budaya/110645-drama-wayang-sumpah-abimanyu-menuju-opera-terbaik-dunia.html
-

Arsip Blog

Recent Posts