Pertahankan Seni Rupa Indonesia Lewat Lomba Menggambar

YOGYAKARTA -- Lewat lomba menggambar bertema keunikan sebuah kota bertajuk 'Uniknya Kotaku', Faber-Castell berupaya mempertahankan dan mengembangkan seni rupa di Indonesia.

"Konsep itu dipilih karena keunikan sebuah kota merupakan sesuatu hal yang tidak ternilai, baik dalam sisi emosional, sejarah maupun sosial budaya," kata Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia Fransiska Remila di Yogyakarta, Selasa (29/10).

Menurutnya, banyak sisi lain yang dapat digali lebih dalam dari uniknya sebuah kota. Setiap kota memiliki keunikan dan karakter masing-masing. Karenanya, lomba tersebut diharapkan dapat menjadi sarana bagi peserta lomba menggambar untuk merekam rasa cinta dan kebanggaan sebagai bagian dari suatu kota melalui sebuah karya.

"Lomba menggambar itu juga diharapkan dapat menjadi media untuk mengenalkan ciri khas dari sebuah kota kepada khalayak umum," katanya.

Ia mengatakan lomba menggambar itu diadakan di 12 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Samarinda, Makassar, Pekanbaru, dan Palembang.

"Di Yogyakarta, lomba diadakan di Akademi Seni Rupa dan Desain DKV MSD pada 3 November 2013. Peserta lomba ditargetkan sebanyak 250 orang terbagi dalam dua kategori, yakni mahasiswa/umum dan pelajar SMP/SMA," katanya.

Fransiska menjelaskan, para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat. Selain itu, karya mereka juga berkesempatan untuk ditampilkan dalam pameran nasional Faber-Castell di Jakarta pada Januari 2014.

Dalam lomba itu para peserta akan menggunakan medium pewarnaan hitam putih, sedangkan objek gambar dalam karya dapat berupa maskot, suasana kota, tokoh legenda, kesenian, lokasi wisata, makanan khas, dan hal-hal yang unik lainnya.

"Penjurian lomba akan melibatkan para praktisi di bidang seni rupa. Penilaian lomba berdasarkan keaslian karya, teknik menggambar, keunikan gambar atau konsep, dan kesinambungan antara karya dan konsep," tutupnya.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign