Indonesia Menjaring Wisatawan Negara Terkaya

LONDON, Indonesia berupaya menjaring wisatawan negara terkaya nomor dua di dunia dalam pameran wisata terbesar di Luksemburg, Vakanz, yang akan digelar 18-20 Januari 2013.

Menteri Pariwisata Luksemburg menurut rencana akan membuka pameran wisata yang menempatkan Luksemburg yang disebutkan Majalah Forbes sebagai negara terkaya nomor dua di dunia di bawah Qatar pada tahun 2012, dengan pendapatan per kapita rata-rata sebesar 81.446 dolar AS per tahun.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Arif Havas Oegroseno kepada Antara London, Rabu (9/1/2013), mengatakan partisipasi Indonesia dalam pameran pariwisata di Luksemburg, Vakanz, antara lain jumlah wisatawan asal Luksemburg ke Indonesia masih sedikitnya dibandingkan dengan wisatawan dari negara-negara Eropa di sekitarnya.

"Padahal Luksemburg selalu konsisten berada dalam daftar tiga besar negara-negara terkaya di dunia versi berbagai organisasi dan lembaga pemeringkat dunia," ujarnya.

Menurut Arif, krisis finansial yang melanda Eropa tidak memberikan dampak buruk yang luar biasa terhadap perekonomian negara dengan jumlah penduduk sekitar 502 ribu jiwa tersebut. Pada tahun 2012, pameran pariwisata Vakanz mencatat jumlah pengunjung sebesar 24 ribu orang yang datang dari Luksemburg, Jerman, Perancis dan Belgia.

Keikutsertaan Indonesia dan menjadi guest country pada pameran wisata Vakanz 2013 diharapkan akan dapat menjaring wisatawan asal negara kaya tersebut dan negara-negara lain di sekitarnya ke Indonesia.

Stan Indonesia dalam pameran tersebut diwakili tour operator dari Indonesia, Belgia, dan Luksemburg serta maskapai penerbangan nasional Indonesia Garuda serta KBRI di Brussel, Belgia akan mempromosikan paket-paket perjalanan dan wisata ke berbagai tujuan wisata favorit di Indonesia.

Sebagai guest country, Indonesia menampilkan pertunjukan seni dan budaya tradisional Indonesia, workshop busana tradisional, demo memasak menu favorit seperti nasi goreng, rendang, sate dan tahu isi, pertunjukan angklung interaktif yang bertujuan mendekatkan Indonesia pada publik Luksemburg.

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2013/01/09/09384225/Indonesia.Menjaring.Wisatawan.Negara.Terkaya
-

Arsip Blog

Recent Posts