17 Raja dan Sultan Gelar Cipta Seni Keraton Nusantara di TMII

JAKARTA - Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan 17 keraton se-Nusantra serta Yayasan Raja Sultan Nusantara menampilkan Gelar Cipta Seni Keraton Nusantara digelar di TMII, Jakarta Timur.

Materi cara yang dihelat sejak Sabtu (3/11/2012) sampai Minggu (4/11/2012) ini ialah, Sarasehan Revitalisasi Sejarah dan Keraton Nusantara, Pameran Benda Budaya dan Pusaka Warisan Kraton, serta Kirab Seni Kraton Nusantara.

Dalam pembukaan yang langsung dihadiri Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nurhayati, Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Sulistyo Tirtokusumo, serta Direktur utama TMII, Sugiono, berlangsung sangat meriah. Ratusan orang langsung memadati Plaza Arsipel TMII untuk menyaksikan berbagai kebudayaan dari kerajaan yang ada di Indonesia.

"Keraton sebagai pusat peradaban banyak melahirkan karya seni yang bernilai tinggi penuh dengan simbol dan makna filosofis. Karya seni yang lahir dikeraton merupakan karya puncak yang didukung oleh komunitas keraton merupakan karya puncak yang didukung oleh komunitas dan segenap masyarakat," ujar kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nurhayati, dalam sambutannya.

Wiendu menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mengenal kembali kebudayaan Indonesia yang sangat beraneka ragam, ada baiknya masyarakat mendatangi TMII untuk menyaksikan acara tersebut. Jangan sampai kesenian yang ada di Indonesia hilang tak berbekas dimakan zaman dan para generasi penerus melupakan sejarah Indonesia.

Asistem Manajer Humas TMII, Dwi Atmodjo, mengungkapkan masyarakat dapat menyaksikan langsung kharisma para pahlawan masa lalu dari 33 provinsi yang akan pawai dalam kemasan Karnaval Keprajuritan Nusantara.

"Serta menyaksikan atraksi kesenian, barang antik dari Kraton antara lain Kereta Paksi Naga Liman, Kereta Singo Barong, keri-keris bertuah serta benda-benda bersejarah lainnya," katanya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/11/04/17-raja-dan-sultan-gelar-cipta-seni-keraton-nusantara-di-tmii
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign