Bupati Inhu Buka Festival Seni Budaya Lintas Etnis II

Rengat, Riau - Forum Lintas Etnis (Forlet) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), kembali menggelar Fesival Seni Budaya Lintas Etnis II di Gedung Dewan Kesenian Indragiri (DKI) Rengat dan lapangan terbuka hijau Rengat.

Ketua Panitia, H Mailiswin saat dikonfirmasi wartawan Jumat sore (23/5/2014) disela-sela kesibukannya mempersiapkan tempat acara mengatakan, festival ini adalah kali kedua dilaksanakan.

Dalam festival ini sebutnya, akan diperlombakan lomba lagu daerah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, lomba tarian daerah, lomba peragaan busana daerah tingkat anak-anak dan dewasa putra dan putri serta lomba mewarnai, tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan lomba menggambar tingkat sekolah dasar (SD).

“Acara ini akan dibuka langsung oleh Bupati Inhu, Yopi Arianto. Jadwal acara yaitu mulai pada Jumat malam ini (22/5) hingga Selasa malam (27/5/ 2014),”ujarnya.

Masih kata Mailiswin yang juga Kabid Budaya pada Disporabudsata Inhu itu, hingga hari ini peserta yang mendafar 467 orang yang terdiri dari 14 kecamatan yang ada di Inhu, dengan peserta terbesar adalah dari cabang mewarnai dan tari.

Selain itu katanya, festival ini nantinya pada malam puncak, Selasa (27/5/2014), juga akan menampilkan pertunjukan seni budaya dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang akan ditampilkan oleh mahasiswa jurusan tari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

“Nantinya, pagelaran seni yang akan ditampilkan mahasiswa ISI adalah, Randai Badendang, Tari Persembahan, Tari Piring, Tari Bagurau, Saluang dan Lagu-lagu minang lainnya, dengan durasi 2 jam,” sebutnya.

Diterangkan mantan Kabid Disdik Inhu itu, sumber dana kegiatan berasal dari iuran anggota Forlet, bantuan dana kegitan pagelaran seni budaya dari Dispora, dana pagelaran dari dewan kesenian serta dari sponsor, pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts