Pelajar Indonesia Raih Penghargaan Tari di Rusia

Jakarta - Sebanyak 25 siswa/siswi SMP Islam Al Ikhlas Jakarta berhasil meraih penghargaan dalam Kompetisi dan Festival Tari Internasional "The 2nd International Festival and Competition/Super Dance from Folk to Modern", di Saint Petersburg, Rusia, pada 24--29 April 2014.

Tim SMPI Al Ikhlas Jakarta berhasil meraih dua penghargaan, yaitu juara 1 kategori Folk Choreography (Ethnic and Stylisation) dan penghargaan khusus dari juri untuk kategori Kostum Nasional Terbaik, demikian siaran pers KBRI Moskow yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Tim yang diasuh pelatih Mira Marina Arismunandar ini berhasil memukau tim juri dengan penampilan Tari Saman yang dibawakan pada malam final, tanggal 29 April 2014 di Concert Hall Hotel Saint Petersburg.

Gerakan dinamis diiringi syair lagu-lagu Saman dan suara rebana yang dibawakan siswa-siswa SMPI Al Ikhlas mengundang decak kagum juri dan penonton serta para peserta kompetisi yang berasal dari berbagai negara.

Dari 74 tim yang berlaga di kompetisi Super Dance from Folk to Modern, hanya 11 tim termasuk SMPI Al Ikhlas yang melaju ke babak final.

Bersama tim Alix --nama panggilan grup ini--, masuk juga ke babak final empat tim dari Malaysia, Rumania, dan tim dari beberapa kota di Rusia.

Sebelum tampil di babak final, seluruh peserta kompetisi telah mengikuti babak penyisihan pada tanggal 27 April 2014 di mana tim Al Ikhlas membawakan Tari Piring dari Sumatra Barat dan Tari Saman.

Selama festival dan kompetisi berlangsung, tim SMPI Al Ikhlas juga tampil di beberapa panggung di Kota Saint Petersburg antara lain membawakan Tari Giring-giring dari Kalimantan, Tari Betawi dan juga permainan angklung dengan lagu Kalinka asal Rusia yang berhasil menarik penonton Rusia untuk ikut berjoget mengikuti alunan angklung.

Tidak hanya tampil di Festival Super Dance Company, tim Alix juga akan tampil memeriahkan festival menyambut musim panas di Gorky Park, sebuah taman besar yang legendaris di tepi Sungai Moskow.

Pada kesempatan itu, tim akan membawakan Tari Giring-giring, Merak dan Tari Betawi yang akan diajarkan juga kepada para penonton dalam kegiatan interaktif.

Wakil Kepala Perwakilan RI Moskow, Nugroho Setyadie, yang menyambut kehadiran tim Alix di KBRI Moskow, Rabu (30/4), menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota tim, pelatih dan orang tua tim Alix yang telah melakukan upaya keras untuk mengibarkan merah putih di Saint Petersburg, Rusia.

"Semoga keberhasilan ini akan semakin meningkatkan semangat untuk terus berlatih dan mengembangkan kesenian tradisional Indonesia. Terima kasih juga telah membantu upaya promosi seni dan budaya Indonesia di Rusia," ujar Nugroho Setyadie.

Tim SMPI Al Ikhlas yang berlokasi di Cipete, Jakarta, ini telah beberapa kali mengikuti kompetisi tari di sejumlah negara dan meraih kemenangan, antara lain di Polandia pada tahun 2013.

Selain tim SMPI Al Ikhlas, Indonesia juga diwakili oleh tim Cilay Ensemble dari Jakarta yang mengikuti kegiatan festival dan tampil di sejumlah panggung di Saint Petersburg.

Tim Cilay Ensemble pimpinan Mohammad Ichlas Ramoedin dengan 4 penari wanita juga mendapat sambutan meriah dari penonton dengan tarian-tarian etnik teatrikal yang dibawakan secara dinamis, dengan gerakan-gerakan lincah dan lentur.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign