Festival Ranub Budaya Aceh

Aceh - Melihat aksi gadis cilik ini diatas panggung dengan melenggak lenggok dia menunjukkan pakaian adat aceh. Ini bukan pakaian adat biasa tapi juga dipenuhi oleh dedaunan sirih, dari ujung rambut hingga ujung kaki dipenuhi hiasan daun sirih.

Sirih memang menjadi bagian utama adat dan budaya aceh. Daun sirih di Aceh dinamakan Ranub. Ranub memainkan peranan penting dalam kehidupan orang aceh.

Ranub yang telah di taburi kapur, irisan telur dan gambir selanjutnya di kunyah sebagai makanan pelengkap. Ranub bagi masyarakat Aceh bukan hanya sekedar tumbuhan yang memiliki manfaat fisik semata.

Namun dibalik itu ada berbagai penafsiran karena didalam memahaminya ranub menjadi simbol yang multi rupa. Ranub secara simbol multi rupa sirih. Pemahaman secara sosial dan multirupa sirih digunakan di banyak acara dan berbagai aktivitas.

Termasuk dalam kegiatan pemilihan ratu cilik di hari ulang tahun kota Banda Aceh. Selain itu dalam perkembangannya ranub juga menempati peranan yang cukup penting seperti nikahan, hajatan khitanan bahkan di acara penguburan mayat sekalipun ranub menjadi sajian yang wajib.

-

Arsip Blog

Recent Posts