Budaya Unggulan di TMII Undang Dubes

Jakarta - Dalam rangka mempromosikan Budaya dan pertunjukan Seni, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kabupaten Lombok Utara bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, menggelar Seni Budaya Lombok Utara dengan tema “Putri Cilinaya” di Anjungan NTB di TMII.

“Lombok Utara di Provinsi NTB dicanangkan sebagai destinasi wisata dunia yang diharapkan mampu menarik lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman),” kata Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar di sela-sela acara Gelar Seni Budaya Lombok Utara Putri Cilinaya di Anjungan NTB Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, kemarin.

Menurut Bupati Lombok Utara Akhyar, sebagai pintu masuk utama ke NTB dicanangkan sebagai destinasi wisata dunia tepat pada HUT ke-8 Lombok Utara. Potensi wisata alam dan budaya yang sangat unik mulai dari destinasi wisata Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Gunung Rinjani, hingga Danau Segara Anak.

Selain itu, banyak keunikan di Lombok Utara yang tidak ditemukan di bagian dunia manapun sehingga layak mendorong Lombok Utara sebagai destinasi wisata dunia.

“Ada karang biru yang merupakan karunia luar biasa bagi Lombok Utara, karena menurut riset yang pernah dilakukan, blue coral hanya ada dua di dunia yakni di Karibia dan Lombok Utara. Ada air tawar di tengah laut juga ada di Lombok Utara,” katanya.

Ia menambahkan, dari sisi wisata sejarah, di Lombok Utara juga ada jejak peninggalan Jepang yakni Gua Jepang di Trawangan.

Lombok Utara sekaligus wilayah dengan tingkat toleransi yang tinggi sosial budayanya. Polda NTB menyampaikan penghargaan Lombok Utara sebagai kabupaten dengan angka kriminalitas terendah.

Hal itu menjadi modal yang baik bagi sektor pariwisata wilayah tersebut yang ditunjang dengan semakin banyaknya event seni dan budaya yang digelar di Lombok Utara.

Pihaknya mencatat saat ini tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok Utara mencapai 2.600 orang perhari atau naik 100 persen dibandingkan pada 2014. “Oleh karena itulah kami menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan yang akan terus kami kembangkan,” katanya.

Program-program promosi pariwisata pun terus dilakukan di antaranya gelar seni budaya Lombok Utara bertajuk Putri Cilinaya yang digelar di Jakarta yang diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat ibukota untuk berkunjung ke Lombok Utara.

Pada kesempatan itu hadir sejumlah pejabat termasuk Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, anggota DPR, beberapa Duta Besar negara sahabat, serta masyarakat umum.

-

Arsip Blog

Recent Posts