Festival Wisata Digelar di Wilayah Perbatasan

Kupang, NTT - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar festival wisata di ilayah perbatasan RI dan Timor Leste yakni di Kota Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara festifal tersebut dimulai, Jumat (21/10) hingga Minggu (23/10). Kegiatan yang diberi nama Timoresia (Timor Leste-Indonesia) itu melibatkan duta wisata dan seni, serta sejumlah artis dari kedua negara.

“Festival bertujuan memperkuat hubungan kedua negara dalam bidang pariwista, sosial budaya, dan investasi,” tutur Bona Ventura Rumat dari Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya NTT saat dihubungi di Atambua, Jumat (21/10).

Dikatakan, elemen masyarakat yang dilibatkan dalam festival ini antara lain pengusaha kuliner, usahawan, pencinta budaya, seninam, termasuk pemain sasando. Selama festival digelar, telah diadakan pentas seni setiap petang dan malam hari. Pentas seni itu juga dimeriahkan penyanyi lokal. Pada Minggu sebelum penutupan festival, akan digelar pertandingan sepakbola persahabatan. “Tim dari Timor Leste akan melawan tim sepakbola dari NTT,” kata Bona.

Menurut Bona, Atambua sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) perlu terus menjalin hubungan persahabatan guna menghindari timbulnya persoalan yang bisa menganggu keamanan. Pengusaha asal Kupang, misalnya, juga diminta memanfaatkan kesempatan ini guna menjalin hubungan bisnis dengan pengusaha Timor Leste.

“Semua yang dilakukan itu adalah wujud dari kerjasama dua negara tersebut di bidang pariwisata dan seni budaya. Harapan kita kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan,” harap Bona.

Menurut Bona, selain akan ditampilkan seni budaya lokal, seni modern juga akan ditampilkan seperti yang akan dipentaskan para artis dari Jakarta. Seluruh kegiatan yang bernilai seni budaya akan ditampilkan untuk meningkatakan nilai-nilai budaya.

Kegiatan festival wisata itu sekaligus menggambarkan bukti kalau kodisi perbatasan RI-Timor Leste dalam kondisi aman. Kendatipun beda negara namun NTT dan Timor Leste satu daratan yakni daratan Timor. Selain itu, NTT dan Timor Leste satu suku yaitu suku Timor.

-

Arsip Blog

Recent Posts