Laskar Pelangi Siap Tayang di Televisi

Ubud, Bali - Setelah dituangkan dalam film dan buku terjemahan terbaru dalam bahasa Korea dan China, Laskar Pelangi akan hadir dalam bentuk serial televisi.

Sang penulis buku, Andrea Hirata, mengatakan, konsep serial sebanyak 15 episode itu sudah selesai dan sedang memasuki tahap shooting di Belitong, daerah asal Andrea yang menjadi latar belakang kisah Ikal dan kawan-kawan.

"Kabar baik, serial televisi ini akan tayang bulan Desember. Shooting-nya baru mulai hari ini (7 Oktober). Ingat ya, ini serial televisi, bukan sinetron," katanya kepada KOMPAS.com di sela acara Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Museum Neka Ubud, Jumat (7/10/2011).

Serial televisi merupakan salah satu proyek yang disetujui oleh Andrea untuk Laskar Pelangi-nya selain terjemahan buku dalam bahasa Korea dan China yang baru rampung bulan lalu. Andrea menolak serial ini disebut sinetron karena jumlah episodenya sudah jelas dan tidak akan ditambah-tambah lagi.

"Saya sudah bilang, enggak boleh memfilmkan sebelum skrip-nya selesai. Jadi, semua sudah selesai," tambahnya.

Menurut pria kelahiran Belitong, 24 Oktober 1982, ini, kru Laskar Pelangi pun harus mengalami perombakan untuk membuat serial televisi. Semua pemeran anak-anak yang bermain dalam serial televisi ini berbeda dengan pemeran di layar lebar karena sudah beranjak dewasa.

Perubahan juga terjadi dengan pemeran tokoh Muslimah, ibu guru Laskar Pelangi yang diperankan oleh Cut Mini dalam film serta tokoh Bakri, guru pria di tempat yang sama yang diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana.

Sementara itu, Ikranegara masih akan memerankan tokoh Pak Harfan. Skenario serial televisi ini juga masih disusun oleh Salman Aristo. Namun, bukan Riri Riza yang akan menanganinya sebagai sutradara. Guntur Suharianto dipercayakan untuk memimpin seluruh proses shooting.

Andrea sendiri mencipta dua buah lagu yang akan menjadi soundtrack tambahan untuk serial televisi Laskar Pelangi yang diproduksi oleh Mizan Production ini. Kedua lagu ini berjudul "Janji Laskar Pelangi" dan "Tak Ingin Jauh Darimu".

Andrea masih merahasiakan penyanyi yang akan membawakan kedua lagu itu. Hanya saja, dirinya mengisyaratkan bahwa lagu-lagunya akan dinyanyikan oleh seseorang yang dekat dengannya.

-

Arsip Blog

Recent Posts