Penutupan Sail Wakatobi-Belitung Meriah, Sail Morotai Menanti

Belitung, Babel - Wakatobi-Belitung 2011 resmi ditutup. Tahu depan, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencanangkan Sail Morotai 2012.

Seremonial penutupan sail Wakatobi-Belitung tergolong meriah meski dengan peralatan seadanya. Wapres yang hadir dalam puncak acara pesta laut ini terlihat sangat antusias.

Pesta penutupan Sail Wakatobi-Belitung digelar di bibir Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Rabu (13/10/2011).

Acara seremonial diawali dengan penampilan anak-anak pantai Belitung. Anak-anak pantai ini mengenakan pakaian warna-warni, mereka menarikan tarian Belitung Bergema di bibir pantai Tanjung Kelayang. Meski sinar matahari terik, anak-anak ini terliha sangat bersemangat.

Tarian Belitung Bergema adalah karya pengarah tari lokal. Tari ini mengisahkan kehidupan anak pantai dan nelayan yang mencari ikan. Mereka menari sambil melambaikan bendera merah-putih.

Di tengah tarian ini, parade jetsky digelar. Kemudian dilanjutkan dengan parade kapal nelayan tradisional lengkap dengan bendera merah-putih.

Pesta pantai masih diteruskan. Anak-anak dari Kabupaten Belitung Timur pun memainkan Barongsai. Anak-anak usai SD dan SMP ini terlihat piawai memainkan Barongsai warna merah, biru, dan kuning.

Pertunjukan Barongsai yang paling banyak dihadiahi tepuk tangan dari hadirin. Pesta ditutup dengan penanaman pohon oleh Wapres, sejumlah menteri, Gubernur, dan bupati setempat.

Hadir dalam acara ini Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Kehutanan Zulkiefly Hasan, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menpora Andi Mallarangeng, dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik , juga terlihat hadir. Hampir semua mengenakan baju batik biru.

Sejumlah bupati dari provinsi Bangka-Belitung juga hadir bersama Gubernur Bangka-Belitung. Panglima TNI juga menghadiri acara ini bersama jajarannya. Kapolri tidak hadir dalam acara ini dan hanya mengirimkan wakilnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyambut gembira suksesnya acara ini. Tahun depan akan digelar Sail Morotai.

"Tahun depan kita adakan Sail Morotai, karena Pak Presiden ingin wilayah timur terus berkembang," ujar Fadel, kepada detikcom.

-

Arsip Blog

Recent Posts