Taman Budaya Gelar Budaya Nusantara

Pontianak, Kalbar – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Taman Budaya Kalbar menggelar busana budaya nusantara. Tujuannya untuk mendidik para pemuda supaya tidak terjerumus dalam hal-hal negatif.

“Ini kita lakukan untuk selalu menjaga identitas bangsa dan memang pembinaan harus dilakukan sejak dini. Tugas kita bersama untuk memperkenalkan kepada para pemuda akan kebudayaan-kebudayaan yang kita miliki,” kata Sabar Hati Duha, Kepala Taman Budaya Kalbar, Jumat (28/10) di Pontianak.

Pesona Budaya Nusantara dilaksanakan sengaja bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Itu dikarenakan awal dari perjuangan kemerdekaan ini telah dirintis oleh para pemuda Indonesia, makanya, para pemuda sekarang ini perlu dibina dalam sebuah seni budaya.

Dikatakan oleh Sabar, kebudayaan dan seni yang tumbuh dan berkembang dari kehidupan masyarakat Indonesia, dan sebelumnya telah dilestarikan oleh para pendahulu-pendahulu yang peduli akan budaya dan seni itu sendiri dan dilaksanakan secara turun temurun. “Kita harapkan, para pemuda kita aktif berkreasi dalam seni budaya ini,” jelasnya.

Sebagai wujud kepedulian dalam mengisi Kemerdekaan dan semangat para pemuda, dirinya sangat berharap para pemuda Indonesia perlu dibekali, dan mereka tidak lupa akan jati diri Bangsa. “Kita perlu mendidik mereka dalam sebuah karya seni budaya untuk melestarikannya seni dan budaya lewat sebuah pertunjukan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Seni Pertunjukan, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Kantor Kementerianbudpar RI, Widodo mengatakan karya seni budaya yang dikemas dalam Pesona Budaya Nusantara akan menjadi karya terbaik untuk dapat meningkatkan, mengembangkan dan memanfaatkan keaslian daerah ini.

“Saya harap, kegiatan ini dapat memacu kreativitas para seniman-seniman muda untuk bisa menggali potensinya, sehingga dapat tampil pada even Internasional,” harap Widodo.

-

Arsip Blog

Recent Posts