Pergelaran Kesenian Nias di TMII

Jakarta - Dalam rangka memperkenalkan seni budaya dan potensi pariwisata Kepulauan Nias, Pemerintah Kabupaten Nias akan menggelar malam kesenian budaya Nias pada Sabtu, 22 Oktober 2011, pukul 18.30 WIB, di Anjungan Provinsi Sumatera Utara Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Pergelaran seni budaya Nias ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi Kepulauan Nias, seperti seni budaya dan potensi pariwisata. Dengan demikian, diharapkan dapat menarik minat investor dan mengundang wisatawan untuk datang di Nias,” kata Baziduhu Zebua, Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias, dalam sebuah wawancara melalui telepon seluler, Senin (17/10/2011).

Baziduhu menuturkan, dalam pergelaran nanti, akan ditampilkan beberapa kesenian khas Nias, seperti tari penyambutan tamu kreasi baru, tari folaya fame’e afo, tari folaya famad?g? omo, tari moyo (elang), musik tradisional Nias, dan lagu-lagu Nias populer.

Selain pergelaran seni, dalam acara yang didukung oleh 7 etnis di Sumatera Utara itu, Pemerintah Kabupaten Nias juga akan memaparkan kondisi terkini Kabupaten Nias pasca-pemekaran melalui layar presentasi. “Supaya masyarakat Nias, khususnya di Jakarta, mengetahui kondisi terakhir Kabupaten Nias dan melihat pembangunan yang sedang berlangsung,” ujar Baziduhu.

Pergelaran tersebut akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara, duta besar, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, pengusaha, dan tokoh masyarakat Sumatera Utara serta sekitar 1.000 warga Nias se-Jabodetabek.

-

Arsip Blog

Recent Posts