Warga Padati Festival Sunda Kelapa

Jakarta - Ratusan warga dari berbagai kawasan di Jakarta Utara dan sekitarnya memadati Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara untuk menikmati Festival Sunda Kelapa 2011, Minggu (16/10). Acara yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta ini sudah berlangsung sejak Sabtu (15/9).

Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sukesti Martono mengatakan, Festival Sunda Kelapa digelar untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh setiap tanggal 27 September. "Dipilihnya Pelabuhan Sunda Kelapa karena kawasan ini sudah menjadi ikon kota tua serta untuk menghibur warga. Melalui kegiatan ini, diharapkan Pelabuhan Sunda Kelapa tidak hanya dikenal wisatawan lokal melainkan juga dikenal oleh wisatawan asing," ujar Sukesti, di sela-sela kegiatan Festival Sunda Kelapa, Minggu (16/10).

Ke depan, dikatakan Sukesti, kawasan ini akan dijadikan kawasan budaya yang lestari sehingga kapal-kapal tradisional, khususnya phinisi akan menjadi daya tarik di pelabuhan ini. Festival ini, sambungnya, juga bertujuan mendorong sektor pariwisata dalam membangun sosial ekonomi yang berkelanjutan. Terlebih, Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki nilai sejarah tinggi di mana terdapat cagar budaya yang sangat bersejarah.

Sementara itu, Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman menambahkan, kegiatan ini mengambil tema, Tourism Linking Culture (Pariwisata Menghubungkan Budaya). "Tema ini sangat sesuai dengan karakteristik Jakarta yang kaya akan keragaman," kata Arie.

Festival ini menampilkan atraksi seni budaya, festival lenong, pameran, festival kuliner, hingga lomba membuat miniatur phinisi, dan juga sarasehan, yang digelar Sabtu (15/10) dengan menyelenggarakan diskusi bertema, Pelabuhan Sunda Kelapa: Dulu, Kini dan Nanti yang menampilkan tiga narasumber yakni, Selamet Nurdin (Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta), Richard Boost (Dirut PT Pelindo II) dan Herna P Danuningrat (Ketua ASITA). "Semoga masyarakat bisa menikmati festival ini," tandasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts