Tanamkan Budaya Lewat Lomba Busana

Banjarmasin, Kalsel - Budaya menunjukkan bangsa. Tak salah memang ungkapan itu. Budaya menjadi bagian penting dalam kehidupan, karena budaya, khususnya budaya timur, sarat ajaran tata krama serta nilai-nilai luhur.

Adalah penting mengenalkan budaya Indonesia yang beraneka ragam kepada anakanak, sebagai generasi penerus yang akan melestarikan dan memelihara budaya Indonesia.

Salah satu cara menanamkan cinta budaya di antaranya mengenalkan busana daerah yang di tanah air ini banyak ragamnya. Seperti halnya dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Jalan A Yani Km3 Banjarmasin, menggelar Apresiasi Seni Budaya dengan salah satu agendanya adalah pentas busana daerah, Sabtu (29/10).

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Apresiasi Seni Budaya Siswa SD Muhammadyah 9, Elya Sari. S.Sos, acara peragaan busana daerah dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.

“Tema kegiatan yaitu cintailah seni dan budaya daerah. Harapannya dengan acara tersebut anak-anak bisa lebih mencintai seni dan budaya daerah di Indonesia,

Salah satunya mengenal busana daerah atau adat,” ujar Elya.

Lanjutnya, kegiatan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan anak mengenai pakaian adat yang ada di Indonesia. Selain itu meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan menumbuhkan percaya diri pada anak.

“Lewat peragaan busana daerah atau adat ini kita juga mengenalkan keragaman atau kebhinekaan bangsa Indonesia,” jelas Elya.

Para siswa dan siswi yang mengikuti pentas apresiasi seni budaya tersebut mengenakan busana adat berwarna-warni dari berbagai daerah. Kemudian berlenggak-lenggok di atas panggung untuk dinilai dewan juri.

Ada beberapa anak terlihat canggung berjalan seperti peragawan dan peragawati namun adapula yang terlihat percaya diri.

-

Arsip Blog

Recent Posts