Gelar Kreasi Seni dan Budaya Memperingati Sumpah Pemuda

Baleendah, Jabar - Peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa yang diselenggarakan di SMAN 1 Baleendah ternyata cukup menarik. Pasalnya, mereka betul-betul mewujudkannya dalam satu kemasan kegiatan budaya dan bahasa Nusantara dengan menampilkan berbagai kreativitas budaya dan seni, bahasa, dan makanan Nusantara.

Kegiatan tersebut berlangsung Sabtu (29/10), di lapangan upacara SMAN 1 Baleendah. Acara diawali upacara adat Sunda dengan lengser yang dilanjutkan dengan tari merak yang dibawakan sekitar 10 siswi SMAN 1. Setelah upacara adat selesai, dilanjutkan dengan penampilan acara lainnya, seperti penampilan siswa-siswi yang berpakaian adat Nusantara.

Peragaan pakaian tradisional Nusantara terlihat cukup unik, karena para siswa yang memerankan pakaian adat Nusantara tersebut berbicara sesuai dengan daerah asalnya masing-masing. Di antaranya pakaian dan bahasa asal Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Maluku, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Aceh.

Bersamaan dengan kreativitas budaya dan seni, sedikitnya 10 stan bazar berderet mengitari selasar. Di sekitar selasar, berdiri tenda ukuran besar dan panggung untuk pentas berukuran sekitar 5 kali 8 meter dengan tinggi sekitar 1 meter lengkap dengan peralatan musik dan dekorasi.

Menurut Wakasek Bidang Kesiswaan, Apsa Setia didampingi staf Humas SMAN 1, Agus, S.Pd., kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan siswa sekaligus untuk melestarikan budaya Nusantara. Hal itu sesuai tema yang diusung, "Melalui Peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Kita Tumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan dan Melestarikan Budaya Bangsa".

Kegiatan selengkapnya yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa yaitu bazar, lomba busana daerah, kreasi seni Sunda, lomba baca pantun (bahasa Indonesia), lomba pidato (bahasa Inggris), lomba pidato bahasa Sunda, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba maca warta (baca berita dalam bahasa Sunda), lomba baca berita dalam bahasa Jepang (Shuji Contest), game, kabaret, lomba cerita bahasa Inggris (story telling), lomba cerita bahasa Jepang (rodoku), dan lomba menulis bahasa Jepang.

"Kegiatan ini melibatkan kelas satu, dua, dan tiga.," kata Apsa.

-

Arsip Blog

Recent Posts