Pemko Batam Ajak Selangor Kerjasama Pariwisata

Batam, Kepri - Sebagai sesama daerah melayu, Pemerintah Kota Batam mengajak Dewan Perniagaan Selangor (setara Kadin) untuk bekerjasama dibidang kepariwisataan.

Ajakan ini disampaikan Walikota Batam Ahmad Dahlan saat menggelar pertemuan dengan belasan pengurus Dewan Perniagaan Selangor, Malaysia di lantai 5 gedung Pemko Batam, Kamis (13/10).

Kehadiran Dewan Perniagaan Selangor Malaysia di Pemko Batam juga disambut oleh sejumlah pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam, seperti Imran AZ, Khairul Saleh serta sejumlah Kepala Dinas dilingkup Pemko Batam.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Dahlan meminta Dewan Perniagaan Selangor untuk turut memperkenalkan Batam sebagai salah satu daerah melayu.

"Batam juga ada Masjid, rumah ibadah semua agama ada di Batam. Jangan ada lagi image yang mengatakan Batam sebagai tempat mencari 'perempuan'. Batam juga tanah Melayu, mari kita menjaga tanah Melayu ini," ujar Ahmad Dahlan.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Dahlan meminta masukan dari Dewan Perniagaan Selangor untuk memajukan pariwisata di Batam.

"Wisatawan dari Malaysia memang nomer 2 terbanyak ke Batam. Tetapi jumlahnya sangat sedikit, barangkali kita meminta rekomendasi dari Dewan Perniagaan Selangor untuk bekerjasama dengan Asosiasi Travel Agent di Batam," ujar Dahlan.

Usulan ini lansung disambut positif oleh Ketua Dewan Perniagaan Selangor H. Mohd Karim H. Abdullah Omar sekaligus ketua rombongan. Disebutkan Mohd. Karim, Batam harus melakukan promosi besar-besaran seperti yang dilakukan Malaysia di Arab Saudi untuk menarik wisatawan dari Timur Tengah berkunjung ke Malaysia.

Selain itu, Mohd Karim juga meminta agar di Batam terdapat aneka produk yang bisa didapatkan di daerah lainnya di Indonesia.

"Selama ini masyarakat Malaysia lebih kenal Mangga Dua di Jakarta dan Factory di Bandung. Apabila Batam bisa menghadirkan aneka produk dari berbagai daerah dengan harga yang tidak jauh berbeda, kami rasa masyarakat Malaysia akan lebih memilih kesini," ujar Mohd Karim.

Mohd Karim juga mengusulkan agar Asita Batam bekerjasama dengan Malaysia Travel Asosiation, dimana salah satu kegiatan tentang keislaman di Malaysia yaitu Muslim Travel Tour yang cukup banyak peminatnya.

"Apabila di Batam ada museum atau sejenisnya akan sangat menarik minat warga Malaysia," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts