Festival Dongdang Diharapkan Jadi Ikon Wisata Bogor

Cibinong, Jabar - Bupati Bogor H Rachmat Yasin berharap Festival Dongdang dapat menjadi ikon wisata di daerah itu. "Oleh karena itu, kita akan kembali mengadakan festival tersebut pada 9 Maret 2013," katanya melalui Diskominfo Kabupaten Bogor di Cibinong, Senin (28/1/2013).

Dongdang merupakan istilah dalam bahasa Sunda, yang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan (pesta) atau ada peristiwa istimewa.

Sementara itu, mengenai adanya kritik pada kegiatan perayaan Festival Dongdang, Rachmat Yasin membantah kegiatan itu sebagai menghambur-hamburkan APBD Kabupaten Bogor.

"Namun merupakan sebuah perayaan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor," katanya.

Rachmat mengatakan, festival ini telah melalui persetujuan DPRD Kabupaten Bogor, jadi selama perayaan tersebut bagi kepentingan masyarakat tidak ada yang protes.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Rudy Gunawan, pada 2012 festival itu diikuti oleh 2.012 Dongdang dengan jumlah pengiring satu Dongdang sebanyak 15 orang.

Peserta berasal dari unsur desa, kecamatan, sekolah, SKPD, perusahaaan, pondok pesantren dan aparat keamanan. Festival Dongdang diselenggarakan sejak 2010 dan penyelenggaraan pada 2013 adalah yang keempat.

-

Arsip Blog

Recent Posts