Gamelan Tarik Perhatian Pengunjung Babel Sound Festival di Hongaria

London, Inggris - Kelompok musik gamelan Suryokencono asuhan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest menarik perhatian masyarakat Hongaria dalam acara Babel Sound, Interactive World Music Festival di tepian Danau Balaton, Somogy, Barat Daya Hungaria.

Dalam acara yang berlangsung pada 19 hingga 24 Juli 2016 itu, Indonesia juga mengelar demo membatik dan workshop gamelan bagi anak-anak yang diselingi dengan suguhan tarian, demikian keterangan bagian Penerangan, Sosial dan Kebudayaan (Pensosbud) KBRI Budapest, Yudhi Gunawan, kepada ANTARA News di London, Sabtu.

Promosi budaya itu menggabungkan dua konsep sekaligus, yaitu hiburan (entertainment) dan pendidikan (education) karena dinilai sangat bermanfaat untuk lebih memperkenalkan Indonesia di Hongaria.

Para pemain gamelan (niyogo), penari dan pembatik adalah warga Hongaria yang sebagian besar alumni beasiswa Darmasiswa RI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. Group niyogo diperkuat pemain yang berasal dari Inggris, Prancis, dan Australia.

Pemerintah kota maupun daerah di Hungaria berlomba-lomba menyelenggarakan festival musik dan budaya setiap tahunnya, termasuk di daerah Balatonboglar, di tepian Danau Balaton.

Walikota Balatonboglar, Meszaros Miklos, saat menyambut Duta Besar Republik Indonesia, Wening Esthyprobo, dan meninjau tenda Indonesia menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi Indonesia.

Selain tenda pertunjukan, Babel Sound, Interactive World Music Festival juga diramaikan dengan tenda kuliner menyajikan berbagai macam masakan khas Indonesia, seperti Sayur Lodeh, Pepes Ikan, dan Rendang yang disiapkan chef pemilik Toko dan Restoran Cita Rasa Indonesia di Belanda.

Di tenda kuliner Indonesia juga tersedia berbagai macam teh dan kopi yang mampu menyedot perhatian khalayak yang datang ke Balaton.

Babel Sound, Interactive World Music Festival diikuti berbagai peserta dari berbagai negara, seperti Romania, Yunani, Portugal, Serbia, Israel, Italia dan Malta.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign