Perlunya Program Pemberdayaan Potensi Wisata

Ketapang - Mewujudkan suatu wilayah sebagai tujuan wisata, perlu dikembangkan upaya-upaya pemberdayaan seluruh potensi yang ada. Kabupaten Ketapang sebagai kabupaten terluas di Kalimantan Barat, memiliki potensi ini. Salah satunya adalah menampilkan wisata sejarah, bahari maupun wisata alam.

Untuk itu perlu dilakukan eksplorasi kreatif guna mengenali potensi lain yang terpendam. Upaya ini dimaksudkan agar dapat memperkaya khasanah daya tarik wisata. Tingkat keanekaragaman daya tarik akan sangat penting, artinya bagi kelangsungan industri pariwisata suatu daerah. Semakin banyak jenis daya tarik yang ditawarkan akan semakin banyak pangsa yang akan dirambah, dan akan lebih punya peluang menarik wisatawan untuk tinggal lebih lama di suatu tempat.

Bagaimana Kabupaten Ketapang 2008? “Tetap ada program,” kata M. Tahir, Kasi Pariwisata Kantor Inbudpar Ketapang.

Kepala Kantor Informasi Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Yudo Sudarto SP, M.Si, menuturkan tidak semua potensi pariwisata harus serba modern untuk menarik wisatawan. Sebab, tidak semua turis yang datang ke Indonesia menyenangi belanja di mall. Tetapi ada juga turis yang menyenangi alam terbuka, belanja di pasar tradisional dan lain sebagainya. Dia mencontohkan ada turis yang datang dari Turki ke Ketapang.

Sudah beberapa hari terakhir, turis yang mendapat musibah kecopetan di Kota Pontianak ini mengunjungi Ketapang. Selama di Ketapang, turis asal Turki tersebut diajak melihat pasar tradisional bahkan sampai mencabut ubi kayu di kebun. Respon turis dinilainya luar biasa. “Hal-hal seperti yang kecil seperti ini, kita upayakan untuk diperhatikan dalam memberikan pelayanan,” ulasnya.

Sumber: www.pontianakpost.com (14 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts