Pemkab Jayapura Gelar Festival Budaya Danau Sentani

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk pertama kalinya akan menggelar Festival Budaya Danau Sentani 2008, yang akan digelar pada 19 - 21 Juni 2008, di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Kegiatan festival itu,.akan menampilkan atraksi budaya dari kampung-kampung (ondoafi) di sekitar Danau Sentani, dan beberapa kabupaten di Papua, sebagai upaya mendukung program Visit Indonesia Year 2008,” ungkap Ketua Panitia Festival Budaya Danau Sentani Frits M Felle, di Gedung Sapta Pesona Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar), Jakarta, Senin (3/3).

Frits mengungkapkan, selama tiga hari penyelenggaraan festival itu, akan digelar tiga acara utama yakni, `Menari Di Atas Perahu` (19 Juni) yang diikuti sekitar 1040 peserta dari 26 kampung adat (ondoafi), `Berperang Di Atas.Perahu` (20 Juni) yang diikuti 600 peserta dari 20 kampung adat, dan `Parade Budaya` di atas perahu dan di darat (21 Juni), serta dilakukan upacara sakral masyarakat Sentani.

Di sisi lain, lanjut Frits, Pemkab Jayapura juga ingin menjadikan Festival Budaya Danau Sentani sebagai atraksi pariwisata andalan dan menarik bagi wisatawan, yang rencananya akan digelar setiap tahun, serta masuk dalam kalendar of event pariwisata utama.

“Serta, yang paling utama, kita ingin menjadikan Jayapura sebagai kota budaya dan pariwisata, dan bersama-sama Festival Lembah Baliyem di kabupaten Wamena yang telah ada sebelumnya, menjadi pelengkap dan distribution point daerah pariwisata di Papua,” ujar Frits.

Saat ini, Frits mengakui, telah dilakukan promosi Festival Budaya Danau Sentani itu,dalam even pariwisata internasional, seperti Pata Mart 2007 di Bali, bersama 15 travel agent di Bali. Kemudian, promosi dalam kegiatan bursa pariwisata dunia di ITB Berlin, Jerman, pada 5 - 8 Maret 2008.

Sumber: Media Indonesia (4 Maret 2008)
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign