Upacara Melasti di Parangkusumo

Yogyakarta - Ratusan umat Hindu melakukan upacara melasti untuk mensucikan diri di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (3/3). Upacara melasti dimulai sekitar pukul 14.30 WIB, diawali sambutan ketua panitia, I Wayan Senen.

Ia mengatakan melalui upacara ini diharapkan semua sifat buruk pada diri manusia akan hilang. "Selain itu, diharapkan pula kita bisa mawas diri, selalu ingat dan waspada, berani mengakui kesalahan, tegar menghadapi rintangan dan godaan demi membangun persaudaraan, serta menjaga kelestarian alam semesta," katanya. I Wayan menyebutkan upacara melasti biasanya dilakukan pada tiga atau empat hari sebelum Hari Raya Nyepi. "Untuk tahun ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 7 Maret," katanya.

Usai sambutan ketua panitia, umat Hindu yang mengikuti upacara tersebut melakukan `Natab Banten` atau berdoa. Natab Banten dilakukan dengan cara duduk bersila, dan kedua telapak tangan dirapatkan. Tangan ke bawah (bheyakala), tangan ke dada (dhurmangala), dan terakhir tangan ke atas kepala (prayascittha). Usai berdoa, semua sesaji yang terdiri buah-buahan dan sayuran serta sejumlah arca yaitu pratima, nyasa, pralingga atau daksina lingih, diusung dengan `jempana` dibawa ke laut. Upacara melasti berlangsung khidmat dan tertib.

Sumber: Kompas.com (4 Maret 2008)
Copyright 2009Simplex Celebs All rights reservedDesigned by SimplexDesign