Dongkrak Budaya Lokal, Para Bankir Diajari Kesenian Betawi

Jakarta - Sejumlah kegiatan digelar untuk menyemarakkan ulang tahun Kota Jakarta ke 486. Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) menggelar pelatihan seni budaya Betawi kepada para bankir di Gedung Arsip Nasional.

Ketua umum LKB, Tatang Hidayat, mengatakan kegiatan yang digelar merupakan kerjasama LKB dengan salah satu bank asing di Jakarta. Beragam kegiatan ditampilkan seperti kesenian pencak silat, melukis batik, palang pintu, gambang kromong, tari betawi, serta ondel-ondel dan kegiatan lainnya.

"Bentuk kerjasama ini lebih merupakan satu kepedulian yang sangat serius dari pihak bank asing, saat apresiasi masyarakat terhadap pelestarian kearifan lokal ini menurun. Ketika sanggar-sanggar kesulitan untuk merekrut pelaku kesenian tradisional, mudah-mudahan kegiatan ini akan muncul pelaku dan pemerhati seni budaya Betawi yang baru," kata Tatang, Jakarta, Minggu (16/6).

Tatang yang merupakan salah satu tokoh muda Betawi itu menambahkan, kegiatan yang digelarnya diharapkan dapat berdampak positif sebagai upaya pemberdayaan para pelaku seni budaya baik jasa kesenian maupun produk budaya lainnya.

"Harapannya semoga kegiatan ini bisa menggugah para pelaku usaha lain baik swasta maupun pemerintah, turut bersama satu barisan dalam melestarikan, mengamankan dan memberdayakan seni budaya betawi agar kesenian ini bisa tetap ada di kampungnya sendiri," ujar Tatang.

Copyright 2009Simplex Celebs All rights reservedDesigned by SimplexDesign