Tanjung Belandang, Pantai Unggulan Ketapang

Ketapang, Kalbar - Pengelolaan Pantai Tanjung Belandang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Ketapang. Pendapat tersebut dicetuskan Ismail MY, warga Sungai Awan. Hal itu disampaikan dia, menindaklanjuti program Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang berkaitan dengan obyek-obyek wisata unggulan, dan Pantai Tanjung Belandang memang sangat strategis dengan jarak tempuh 20 menit sudah sampai ke pantai tersebut.

“Aspirasi yang berkembang di masyarakat di Sei Awan Kiri khususnya Dusun Tanjung Belandang memang menginginkan ada semacam pengaturan yang tentu menurut kacamata warga Dusun Tanjung Belandang sebagai warga yang taat dengan peraturan sepanjang untuk peningkatan kesejahteraan, secara tidak langsung tetap didukung dengan catatan melibatkan setiap elemen masyarakat sekitarnya,” kata pengurus DPD PKS Ketapang.

Ismail mengatakan, proses alam berupa abrasi pantai dapat mengancam setiap saat. Dia pun berharap pemerintah daerah dapat segera mengambil langkah pencegahan terjadinya abrasi yang lebih jauh lagi.“Kalau pemda punya program ingin memajukan sektor pariwisata, maka pemerintah paling tidak sudah punya master plan berkaitan dengan obyek wisata itu. Tentu, sejak dini sudah perlu ditindaklanjuti, misalnya dengan mengusulkan pencegahan abrasi pantai di APBD 2010,” ucap Ismail.

Selain itu, kata dia, muncul juga persoalan lain yaitu berkaitan dengan siapa pengelola pantai tersebut yang dipercaya pemerintah. “Ini sebuah persoalan juga. Pemkab harus sudah punya pola yang akan diterapkan,” katanya. (ndi)

Sumber: http://www.pontianakpost.com 4 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts