Festival Olahraga Bahari Digelar di Sumut

Jakarta - Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah Festival International Olahraga Bahari 2009 yang berlangsung pada 9-16 Juni mendatang. Kepastian itu terungkap usai ditandatanganinya nota kesepahaman antara Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault dan Gubernur Sumut Syamsul Arifin di Jakarta, Kamis (2/4).

Festival ini merupakan kegiatan multievent yang mengintegrasikan unsur kepemudaan, keolahragaan, dan kepariwisataan. Kegiatan serupa pernah digelar di Makassar (Sulawesi Selatan) pada 2006, Padang (Sumatra Barat) pada 2007, dan tahun lalu di Manado (Sulawesi Utara).

Sebanyak 20 cabang olahraga seperti tinju, binaraga, renang lintas alam, gantole akan digelar. "Sejumlah atlet nasional akan meramaikan kegiatan itu yang memang salah satu tujuannya untuk pengembangan prestasi," kata Deputi Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Sudrajat Rasyid.

Selain olahraga, juga akan digelar acara seni budaya seperti lomba bendi hias, becak pariwisata, festival layang-layang international, invitasi olahraga tradisional, lomba drumband, dan festival seni budaya etnik Sumut, serta barongsai. (Ahmad Muhajir)

Sumber: http://www.jurnalnasional.com (3 April 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts