Buleleng Gelar Gebyar Wisata Budaya

Singaraja, Bali - Pemkab Buleleng menggelar acara bertajuk Gebyar Wisata Budaya, mulai Senin (27/12) di bekas Pelabuhan Buleleng, Kota Singaraja, dalam upaya mempromosikan potensi wisata wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Putu Tastra Wijaya di Singaraja, Minggu (26/12), mengatakan, pergelaran tutup tahun ini baru pertama kali dilaksanakan yang juga untuk menampung kreatifitas para seniman.

"Karena itu kami berupaya mempertahankan kegiatan itu dengan menampilkan kesenian yang bernuansa tradisional," ujarnya.

Selain menampilkan penari lokal dan penari asing, katanya, kegiatan yang akan berlangsung hingga 31 Desember itu juga diisi dengan pesta kuliner, pameran lukisan, serta berbagai kerajinan hasil kreasi masyarakat Buleleng.

Menurut Putu Tastra Wijaya, penguatan seni budaya yang berbasis kearifan lokal ini, merupakan gagasan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng IGA Sayang Bagiada yang juga istri Bupati Buleleng Putu Bagiada.

Dinas Budpar, katanya, akan terus berupaya menyelenggarakan gebyar wisata budaya di tahun-tahun mendatang, bahkan akan upaya untuk meningkatkannya, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Kesenian yang akan ditampilkan pada gebyar itu adalah, gong gebyar, berbagai tarian, seperti tari taruna jaya, palawakya, legong keratin, dan lainnya.

Untuk tabuh-tabuh gong yang akan ditampilkan oleh para seniman adalah tabuh semarabawa, tabuh kreasi, dan, tidak kalah menariknya, pementasan drama tari wong.

Bupati Buleleng Putu Bagiada akan membuka pagelaran kesenian tersebut, yang akan dimeriahkan dengan lomba ngoncang, megoak-goakan, tarian sanghyang memedi. Pada hari pertama akan tampil gong kebyar dengan tarian taruna jaya, palawakya, yang akan disaksikan ratusan wisatawan manca negara. (Ant/OL-3)

-

Arsip Blog

Recent Posts