Riau Siapkan 11 Objek Wisata Unggulan

Pekanbaru, Riau - Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kebudayaan dan Pariwisata yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Riau di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (24/3), mencatat 11 objek wisata unggulan di Riau yang akan dikembangkan secara serius.

Sebanyak 11 objek wisata unggulan ini akan di-SK-kan oleh masing-masing bupati/wali kota di Riau melalui pembahasan di DPRD masing-masing. Ke-11 objek wisata unggulan itu yakni Danau Buatan Limbungan Rumbai Pekanbaru, Danau Bunga Tujuh Dumai, Candi Muara Takus Kampar, Air Panas Kaiti Rokan Hulu, Pulau Jemur Rokan Hilir, Istana Sayap dan Tugu Equator di Pelalawan, Bukit Tiga Puluh di Indragiri Hulu, Pantai Solop Indragiri Hilir, Eko Wisata Mempura di Siak, Rupat Utara di Bengkalis, dan Air Terjun Guruh Gemulai di Kuansing.

Rakor dipimpin Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Riau Joni Irwan, dihadiri sejumlah Kadis Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten/kota di Riau, arkeolog UGM Dr Widya, anggota DPR RI Musfihin Dahlan, Ketua LAM Riau Azaly Johan, Ketua Riau Tourism Board Fadlah Sulaiman SH, perwakilan PHRI, Asita, pers, dan lain-lain.

Kadis Budpar Riau Joni Irwan menegaskan infrastruktur menuju objek wisata harus dibenahi. Kemudian perlu dukungan event wisata, Sapta Pesona Pariwisata. Selain objek wisata unggulan ini, objek wisata pendukung juga dibenahi.

Sementara anggota DPR RI mantan Ketua Tim Perancang UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan, Musfihin Dahlan menegaskan, pihaknya siap membantu Riau mendapatkan dana APBN untuk pengembangan pariwisata Riau. APBN pariwisata 2009 dialokasikan sebesar Rp1,3 triliun.

Untuk mendapatkan itu, Riau harus mengajukan usulan dan program pariwisatanya ke pusat. Pemerintah RI sangat serius mengembangkan pariwisata, sebab pariwisata nasional menghasilkan 7 miliar dolar per tahun.(azf)

Sumber: http://www.riaupos.com (25 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts