Situ Pedongkelan Terus Berbenah

Depok, Jawa Barat - Situ Pedongkelan terus berbenah. Pasalnya, situ yang terletak di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Kota Depok, ini akan resmi dimanfaatkan sebagai lokasi wisata pada 2009 ini.

”Untuk dijadikan lokasi wisata, tentu Situ Pedongkelan harus terus kita benahi. Konsepnya, bagaimana warga luar Depok membuang uang di Depok dengan mendatangi situ tersebut. Dengan begitu, akan ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Depok,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Seni dan Budaya Kota Depok, Saifudin Lubis.

Pembenahan itu, lanjutnya, termasuk melengkapi sarana dan prasarana situ tersebut. Di antaranya pelebaran jalan di sekitar situ, pembangunan dermaga, dan pembelian sarana transportasi air berupa perahu bebek-bebekan.

Wakil Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Situ Pedongkelan, Toto Hasmianto, mengakui bahwa sarana prasarana penunjang sebagai tempat wisata memang belum selesai. Misalnya saja jalan setapak yang mengitari sebagian situ.

”Jalan setapak yang mengitari situ dan menghubungkan RW 06 dengan RW 05 sebenarnya sudah dibuat, meski belum selesai sepenuhnya. Jalan itu diberi konblok. Namun, di saat pemasangan konblok itu tinggal sekitar 50 meter lagi, justru konblok-konblok yang sudah terpasang banyak yang hilang,” kata Toto Hasmianto.

Jalan setapak itu untuk mempermudah warga sekitar menuju situ. Selain itu, jalan itu juga untuk warga berjalan-jalan. Sementara perahu bebek-bebekan sudah dioperasikan sejak Desember 2008. ”Sebelumnya, situ ini dangkal dan jarang dikunjungi warga. Namun, setelah situ dikeruk dan keramba-keramba ikan milik warga sekitar diangkat, maka situ ini mulai ramai dikunjungi. Apalagi ketika kita operasikan perahu bebek, pada hari libur pengunjungnya bisa sampai 70-an orang,” tutur Toto.

Dalam pantauan Warta Kota kemarin, pada hari biasa pengunjung Situ Pedongkelan hanya sedikit tampak sepi. Perahu bebek terlihat banyak `menganggur`.

Situ Pedongkelan terletak di Kampung Areman, persisnya di kanan belakang tak jauh dari Markas Korps Brimob Kelapadua, Kota Depok. Sebelum dikeruk, situ ini banyak ditumbuhi tanaman liar. Ada juga warga yang menanam pohon pisang di tepi situ.

”Tentu saja kami dukung sekali bila situ ini dijadikan tempat wisata, sehingga warga sekitar bisa mendapat tambahan pemasukan dengan mendirikan warung atau berjualan sesuatu lainnya,” kata Dian, warga sekitar situ.

”Dan yang tak kalah pentingnya, tolong pemda melebarkan akses jalannya, sehingga di saat liburan dan pengunjungnya banyak, ruas jalan masih bisa menampung kendaraan. Tidak seperti sekarang ini, sempit sekali,” imbuhnya. (Dodi Hasanudin)

Situ Pedongkelan
Tiket Perahu Bebek:
Hari Senin-Sabtu: Rp 8.000
Hari Minggu/Libur: Rp 10.000
Tiket Masuk: Gratis

Sumber: http://megapolitan.kompas.com (17 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts