Festival Multietnis di Danau Sentarum

Baratang Lupar, Kabar - Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun kembali hadir pada 12 hingga 15 Desember 2012 setelah perhelatan serupa sukses setahun silam. Semua kegiatan dan kompetisi dipusatkan di Alun-alun dan Balai Adat Kecamatan Baratang Lupar di area Taman Nasional Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Festival menampilkan keindahan dan potensi Taman Nasional Danau Sentarum serta Taman Nasional Betung Kerihun. Berbagai kegiatan menarik mewarnai festival seperti workshop, tur kapal di Taman Nasional Danau Sentarum, upacara tradisional multietnis, serta pameran potensi pariwisata dan budaya.

Festival itu juga akan menyajikan berbagai kompetisi, termasuk kompetisi lagu tradisional (Dayak dan Melayu), tari tradisional (Dayak dan Melayu),) pantun, lomba perahu tradisional, pangkak gasing, sumpit (senjata tradisional), serta pemilihan putra putri pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu. Para pemenang juga akan mewakili Kabupaten Kapuas Hulu dalam Festival Budaya Bumi Khatulistiwa yang akan diselenggarakan di Pontianak tahun depan.

Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun merupakan even pariwisata terbesar di ujung timur Kalimantan Barat. Festival bertujuan mempromosikan semua potensi Kabupaten Kapuas Hulu, alam maupun budaya.

Kabupaten lain pun turut meramaikan festival. Sehingga, kegiatan itu semakin memperkuat ikatan dan kesatuan antaretnis atau sub-etnis yang ada di Kalimantan Barat. Bila Anda berminat, silakan berkunjung ke http://pariwisata.kapuashulukab.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

-

Arsip Blog

Recent Posts