Ragunan Targetkan Jumlah Pengunjung Capai 4 Juta

Jakarta - Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, menargetkan jumlah pengunjung di tahun 2010 mencapai 4 juta pengunjung. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 3,4 juta pengunjung.

Kepala Humas Taman Marga Satwa Ragunan, Wahyudi Bambang, Jakarta, Minggu, mengatakan, target jumlah pengunjung di Ragunan setiap tahunnya mengalami peningkatan, dan untuk tahun ini jumlah pengunjung ditargetkan mencapai 4 juta pengunjung, melebihi jumlah pengunjung di tahun sebelumnya yang mencapai 3,4 juta pengunjung.

"Setiap tahunnya kami tingkatkan target jumlah pengunjung, dan hingga pertengahan tahun ini jumlah pengunjung meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2009 mencapai 1,6 juta pengunjung, kini meningkat menjadi 1,85 juta pengunjung," katanya.

Bambang merasa optimis target pengunjung di tahun 2010 akan tercapai, karena Ragunan menggelar sejumlah acara pertunjukkan menarik selama masa liburan sekolah, dan banyaknya spesies binatang yang baru, dan juga adanya hari raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

"Program-program tersebut membantu meningkatkan antusiasme pengunjung untuk hadir langsung ke Ragunan. "Khusus untuk akhir pekan Sabtu-Minggu ini kami memang menggelar acara Gebyar Ragunan, Parade Satwa, dan Festival Kuliner Khas Daerah," katanya.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung di Ragunana pada saat hari biasa mencapai 3 ribu hingga 5 ribu pengunjung, dan di akhir pekan mencapai 20 ribu hingga 30 ribu pengunjung.

Ia menjelaskan, pada liburan sekolah yang lalu jumlah pengunjung meningkat pada saat hari biasa mencapai 50 ribu pengunjung, dan pada akhir pekan mencapai 70 ribu pengunjung.

Fauna yang dimiliki Taman Marga Satwa Ragunan, antara lain kelas mamalia ada 82 jenis, kelas aves 136 jenis, kelas reptilia 41 jenis, dan kelas pisces 19 jenis. Jumlah keseluruhan jenis sata ada 270 species dengan jumlah koleksi mencapai lebih dari 3.500 ekor satwa.

Flora yang ada di Taman Marga Satwa Ragunan terdiri dari 171 jenis tumbuhan dari seluruh Indonesia yang langka dengan jumlah mencapai 15.389 pohon.

Rekreasi yang ada di Ragunan, meliputi kereta keliling, rakit wisata, permainan anak, gajah tunggang, onta tunggang, kuda tunggang, dan foto bersama satwa jinak.

Harga tiket masuk Ragunan bervariasi, yaitu untuk dewasa dibanderol Rp4.000, anak-anak Rp3.000, bus atau truk Rp10.000, Mobil Rp5.000, Motor Rp2.500, dan sepeda Rp1.000. (ds/DS/ant)

-

Arsip Blog

Recent Posts