Disporabudpar Butuh 3 Miliar untuk Perbaiki Gua Sunyaragi

Cirebon, Jabar - Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon berencana akan meminta bantuan dana kepada Disporabudpar Provinsi Jabar untuk perbaikan situs bersejarah Taman Sari Gua Sunyaragi. Diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk perbaikan situs tersebut sebesar 3 Miliar.

Menurut Kabid Pariwisata Disporabudpar Kota Cirebon, Eman Sulaeman, dana tersebut rencananya akan digunakan untuk memperbaiki beberapa sarana yang sudah rusak dan akan ada penambahan beberapa fasilitas sarana rekreasi di beberapa lahan yang sebelumnya terbengkalai.

"Berdasarkan hasil survey Kadisporabudpar dan kepala BKPP Wilayah Cirebon, ada sekitar 28 poin yang harus direvitalisasi diantaranya kolam dibelakang pesanggrahan harus diperbaiki dan akan ditambah sarana rekreasi seperti sepeda air, atau Danau Argajumut akan dikembangkan lagi menjadi arena rekreasi baru yang semuanya masih sedang kami konsep," katanya

Dana sebesar itu, lanjut Eman tidak semuanya berasal dari Disporabudpar provinsi Jabar melainkan juga dari anggaran daerah. Namun berapa besar jumlah anggaran daerah yang tersedia dan berapa anggaran yang harus dipenuhi oleh provinsi, Eman mengaku masih sedang dalam proses penghitungan.

Rencananya proyek perbaikan Gua Sunyaragi ini akan mulai dilaksanakan dalam waktu dekat ini dan targetnya tahun 2010 nanti Taman Sari Gua Sunyaragi bisa dinikmati oleh masyarakat dengan wajah baru dan fasilitas rekreasi yang lengkap. (BC-211)

-

Arsip Blog

Recent Posts