Festival Budaya Asmat Kembali Digelar

Asmat, Papua - Lapangan Yos Sudarso, Kabupaten Asmat, Papua, akan dipenuhi kunjungan wisatawan pada 20-25 Oktober mendatang untuk menghadiri Festival Budaya Asmat.

Sudah sejak tahun 1981 Festival Budaya Asmat diselenggarakan, bermula dari insisiatif pihak Keuskupan Gereja Katolik setempat. Menurut Eliza Kambu, Seketaris Daerah Kabupaten Asmat, festival ini bertujuan untuk menjaga kelestarian nilai-nilai budaya Asmat, khususnya untuk generasi muda.

Dibandingkan wisatawan lokal, biasanya festival lebih banyak dipadati wisatawan asing terutama dari Australia, Eropa, Jepang dan Korea. Hal tersebut dikarenakan kendala dari akses. "Kami mengharapkan adanya Bandar udara yang baru dan rute-rute yang langsung ke Asmat," tutur Eliza.

Serangkaian kegiatan festival antara lain pameran karya ukiran, pembuatan karya ukiran, pelelangan, pertunjukkan budaya berupa tari-tarian dan lomba perahu Manuver. Terkait dengan keterbatasan akomodasi, biasanya wisatawan mancanegara menginap di homestay dan rumah tradisional Long House.

-

Arsip Blog

Recent Posts