Budaya Daerah Jadi Modal Visit Kalbar

Pontianak, Kalbar - Adat Melayu merupakan adat yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, terutama di beberapa kabupaten yang berada di wilayah ini. Dengan adanya Adat Melayu ini, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) menyelenggarakan acara yang bertajuk Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-VI, yang tahun ini kota Pontianak berkesempatan menjadi tuan rumah di Rumah Adat Melayu.

Seto Sutedo dan Dody A yang merupakan peserta perwakilan dari Kabupaten Sanggau, punya pengharapan tersendiri dengan acara Festival Seni Budaya Melayu ke-VI ini. Bagi mereka Seni Budaya Melayu wajib di tampilkan di zaman modern seperti saat ini yang kebanyakan para remajanya lebih memilih Seni Modern. Dengan acara ini secara tidak langsung kita juga memperkenalkan Seni Budaya Melayu kepada masyarakat. Lebih-lebih, acara ini dapat dijadikan sebagai salah satu andalan Visit Kalbar 2010.

Arweni, salah satu pengunjung, mengemukakan pendapatnya tentang acara ini. Baginya ajang tersebut merupakan salah satu aset penting yang dimiliki oleh Kota ini. Kemeriahan ajang festival ini membuatnya merasa bangga, karena selain menampilkan tarian pencak silat, FSBM sendiri juga menampilkan beragam acara, mulai dari FSBMnya itu sendiri, lomba menyanyi, menari, serta tampilan lukisan-lukisan yang menggambarkan beberapa objek wisata, ”mengetahui adat serta budaya orang lain inilah yang membuat aku tertarik mengunjungi FSBM ini,”ujarnya.

Selain itu, ajang ini juga sangat menunjang karena di zaman modern ini bukan rahasia lagi jika kebanyakan remaja lebih mencintai seni modern baik tarian, musik, serta gaya berpakaian, dari pada seni dan gaya hidup daerah sendiri.

Harapan besar dari perhelatan ini, para remaja dapat melihat dan berfikir serta bisa kembali mencintai, menyayangi, menjaga, merawat, serta melestarikan kebudayaan yang nantinya akan turun-temurun ke anak cucu serta juga akan mendarah daging di dalam diri anak bangsa.(ghe)

-

Arsip Blog

Recent Posts