Dana Promosi Menurun

Palembang, Sumatra Selatan - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan menyatakan bahwa anggaran promosi bidang pariwisata tahun 2009 hanya sebesar Rp 1 miliar atau turun dari tahun lalu yang nilainya mencapai Rp 3,4 miliar. Meski demikian, pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara tidak akan menurun karena dampak positif program Visit Musi 2008 lalu akan terlihat mulai tahun 2009 ini.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Syahrizal di Palembang, Selasa (17/3).

Dia mengatakan, karena dana promosi tahun ini menurun cukup tajam, pemerintah provinsi perlu mengupayakan sinergi program promosi dengan tujuan untuk mengefektifkan biaya promosi. Salah satu langkah yang sudah ditempuh adalah berkoordinasi dengan jajaran dinas pariwisata tingkat kabupaten/kota.

”Dalam koordinasi tersebut, kami menjaring aspirasi program promosi dari tingkat kabupaten/kota. Sejumlah program gabungan sudah disepakati agar penggunaan dana promosi ini bisa efektif dan efisien di tengah keterbatasan,” katanya.

Meski demikian, Aufa cukup optimistis bahwa kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Sumatera Selatan tidak akan menurun. Dia menargetkan, angka kunjungan ini setidaknya sama dengan capaian tahun lalu sebesar 2,5 juta orang. Optimisme ini mempertimbangkan adanya dampak positif dari pelaksanaan program Visit Musi 2008 yang mulai terlihat pada tahun 2009 sekarang.

”Karena Visit Musi, Palembang tidak hanya jadi alternatif kota wisata, tetapi juga sebagai salah satu tujuan utama kegiatan MICE atau rapat, pameran, dan pertemuan lainnya. Tahun ini, salah satu program andalan adalah Sriwijaya Fair,” katanya. (ONI)

Sumber: http://cetak.kompas.com (19 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts