Garut Ingin Kembangkan Wisata Papandayan

Garut, Jawa Barat - Obyek wisata Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat akan lebih dikembangkan dengan menambah paket-paket perjalanan wisata ke sana. Hal ini diprakarsai oleh sejumlah pengelola hotel, resort, dan penyedia jasa pariwisata di Garut.

Menurut Goya A Mahmud dari Kampung Sampireun Resort and Spa, Jumat (13/3), salah satu paket wisata yang akan ditawarkan adalah paket menanti matahari terbit di puncak Papandayan.
"Seperti halnya di Bromo, kami mencoba mengadopsinya di Garut. Saya pikir Papandayan juga potensial untuk dikemas dalam paket wisata menanti sunrise ini," kata Goya.

Bahkan, kata Goya, dibandingkan Bromo, wisata serupa di Garut memiliki kelebihan. Yaitu, usai melihat terbitnya fajar di puncak Papandayan wisatawan akan dibawa mengarungi jeram Sungai Cimanuk sepanjang lebih kurang 8 kilometer. Lokasi terakhir arung jeram ini berada di pusat kota.

Untuk menghilangkan lelah usai arung jeram, wisatawan bisa berendam terlebih dulu di sumber air panas alami Cipanas sebelum pulang ke kota asal.

Saat ini, kata Goya, paket wisata sunrise di Papandayan dan rafting Cimanuk ini sudah dikenalkan kepada agen perjalanan wisata di Bandung dan Jakarta. Diharapkan, mereka dapat menawarkan paket perjalanan wisata kepada wisatawan asing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Yati Rohayati menyambut baik inisiatif para penyedia jasa wisata di Garut itu. Dengan adanya paket wisata seperti itu, diharapkan semakin menjadikan Garut sebagai tujuan wisata wisatawan dari Jakarta setelah Bandung ketika akhir pekan. Adithya Ramadhan

Sumber: http://travel.kompas.com (14 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts