Gulai Larak Karang, Diracik dengan Bumbu Keluarga

Padang, Sumatra Barat - Lauk karang merupakan ikan karang yang kaya gizi dan paling dicari penggemarnya. Lauk ini memiliki ciri khas kelezatannya, terutama digulai dengan bumbu yang beraneka ragam. Namun keahlian adonan bumbu ini tidak dimiliki semua orang. Bagi Yunardi alias Yu Odang, persoalan bumbu gulai lauk karang untuk disajikan menjadi makanan khas yang gurih sudah dimilikinya sejak 20 tahun lalu.

Usaha rumah makan sederhana keluarga yang dikelolanya di Jalan Palembang No 2 Kelurahan Gauang, Kecamatan Lubuak Bagaluang, terus menggeliat. Meski rumah makan itu sangat sederhana, namun para penikmat gulai ikan karang akan melirik masakan Yu Odang ini. Yu Odang mengaku, target paling utamanya adalah mengejar para penikmat gulai lauk karang itu. Dengan satu porsi hanya Rp 10 ribu saja, para pencandu akan terpikat. Biasanya yang mangkal ke kedainya adalah orang golongan atas hingga golongan bawah.

“Di samping saya menjual nasi, saya juga menjual samba lauk karang. Untuk satu potong dijual Rp 6.000 saja. Prioritas utama adalah memanjakan selera penikmat lauk karang,” ungkap Yu Odang, Senin (11/5), di kedainya. Dikatakan Yu Odang, awal membuka usaha rumah makan itu, dia dibantu anak dan isteri. Berhubung dua anak perempuannya sudah nikah, maka usaha itu dikelola berdua saja dengan isterinya.

“Meski saya berdua yang mengelola, namun ciri khas bumbu gulai lauk karang tetap seperti biasa,” katanya. Untuk kalangan atas, mereka rata-rata menyukai kepala lauk yang dijual bervariasi dari Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu. Semuanya serba murah meriah. Konsumen juga diberi bonus yakni satu potong atau dua potong gulai daging ikan. Sebelum disajikan menjadi gulai, ikan karang yang segar-segar dipesan terlebih dulu. Ikan segar sangat lezat jika digulai. “Kami tidak menyediakan ikan yang lama. Jika sudah menikmati gulai lauk karang Yu Odang, esoknya mereka kepincut kembali lagi ke sini,” ujarnya. (ped)

Sumber: http://www.posmetropadang.com 14 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts