Gurih Segar Soto Bogor Pak Salam

Bogor, Jawa Barat - Soto berkuah kuning asal Kota Bogor ini rasanya memang luar biasa enak. Kuahnya yang beraroma gurih santan dan rempah semakin nikmat saat dihirup hangat-hangat. Kikilnya yang diolah bersih, lidah yang empuk, serta paru goreng yang rasanya jempolan membuat warung soto Pak Salam wajib untuk dikunjungi.

Tak sulit menemukan penjual soto Bogor Pak Salam yang memang sudah kesohor akan kelezatannya sejak dulu. Meskipun letaknya bukan berada di dalam toko atau rumah makan, melainkan hanya berupa warung tenda yang berada di atas trotoar di Jalan Suryakencana, Bogor. Untuk menikmati semangkok soto Pak Salam dibutuhkan kesabaran. Apalagi saat weekend para pembelinya bukan saja dari Bogor melainkan juga dari luar kota.

Ditilik dari jenisnya, soto Bogor sendiri ada dua versi yaitu soto berkuah bening dan kuning. Kuah kuning tersebut sebenarnya berasal dari kunyit dan kentalnya berasal dari santan seperti soto Pak Salam ini. Rasa gurih dan segar kuah soto setelah ditambah sambal dan perasan jeruk nipis ini makin mantap saja rasanya. Kikilnya terasa empuk sehingga tak kesulitan mengunyahnya. Lidahnya diolah bersih dan empuk, parunya pun tak kalah enak dengan rasa asin dan manis yang berimbang serta kres-kres renyah.

Sayang, karena kapasitas tempat duduk yang terbatas membuat beberapa pembeli menikmatinya di tempat lain atau di mobil. Bahkan banyak pula yang dibungkus untuk dibawa pulang. Soal harga, untuk pilihan kikil, paru, lidah, dll, dihargai Rp 5.000,00 per buah. Sedangkan untuk perkedel dan sate kentang Rp 1000,00 per buah.

Nah, buat penggemar soto, jika mampir ke Bogor rasanya Soto Pak Salam ini sayang untuk dilewatkan. Sebaiknya datanglah menjelang pukul 17.00 sore saat warung baru buka karena makin malam warung makin penuh sesak dan pastinya persediaan isian soto pun bakal tidak komplet lagi.

Sumber: http://food.detik.com 9 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts