Makassar Jadi Persinggahan Kapal Pesiar Asing

Makassar - Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), masih menjadi daerah tujuan persinggahan kapal pesiar Asing, setelah kapal berbendera Italia, Costa Allegra berlabuh di Pelabuhan Makassar, Selasa (10/3).

"Sepanjang tahun ini, Makassar telah menjadi salah satu kota tujuan persinggahan kapal pesiar berbendera asing," kata Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar Eddy Kosasih di Makassar, Selasa.

Kunjungan kapal pesiar asing di pelabuhan Makassar mampu memberikan kontribusi terhadap kepariwisataan kota Makassar sebagai kota dunia. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, katanya, akan terus melakukan upaya promosi keluar negeri untuk lebih mengenalkan lagi kota Makassar.

"Wisatawan asing yang berkunjung di Makassar telah mencapai 24.591 orang, kita targetkan ada peningkatan hingga 20 persen tahun ini," ujar Eddy.

Sejumlah objek daya tarik wisata di Makassar, katanya, telah diperkenalkan kepada wisatawan asing yang berkunjung di daerah ini. Objek-objek itu di antaranya adalah Fort Rotterdam, Pantai Losari, Istana Tamalate dan Balla Lompoa, serta obyek taman wisata Bantimurung, yang terletak di perbatasan Makassar-Maros, Sulsel. "Kami telah menyiapkan agenda kunjungan pada titik-titik tersebut," papar Eddy.

Kapal pesiar berbendera Italia, Costa Allegra, yang merapat di Pelabuhan Soekarno Hatta, pada Selasa membawa sekitar 743 wisatawan asing dari berbagai negara serta 466 orang awak kapal. Wisatawan asing itu berasal dari Jerman, Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, Turki dan Peru.

Para wisatawan tersebut sebelumnya berlayar dari Singapura dan langsung menuju Makassar, yang kemudian akan dilanjutkan menuju Kepulauan Walacea dan Pulau Komodo.

Kapal pesiar Costa Allegra, merupakan kapal pesiar kedua yang dioperasikan perusahaan Italia yang merapat di Makassar dalam dua tahun terakhir ini. Maret 2006 lalu, kapal pesiar Costa Marina pertama kalinya melakukan kunjungan di Makassar. (Ant/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com (11 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts