Melawai Diproyeksikan Sebagai Tempat Wisata Malam

Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan mengembangkan Blok M menjadi kawasan wisata malam. Walikota Jakarta Syahrul Effendi mengatakan, Blok M diproyeksikan menjadi salah satu tempat wisata kuliner andalan di Jakarta Selatan. "Seluruh kawasan Jalan Melawai akan kita jadikan tempat wisata kuliner," kata Syahrul, Selasa (26/5). Dia mencontohkan, nantinya Jalan Melawai I hingga Jalan Melawai IX akan berdiri wisata kuliner dari berbagai macam wilayah. "Nanti orang mencari jenis masakan apapun bisa didapatkan di Blok M, misalnya Indonesia food, Chinese food, Betawi food, ataupun Jawa food" lanjut dia.

Syahrul menambahkan, pihaknya akan menetapkan syarat yang ketat terkait penjual makanan di Melawai. Yang boleh menjual adalah pengusaha langsung dan bukan orang yang di belakangnya ada pengusaha alias buruh. Selain itu, pihak Pemkot juga akan melaksanakan sistem reward and punishment terhadap pedagang. "Sebab kita akan jadikan kawasan Blok M jadi tempat yang bersih, kalau ada pedagang yang jorok akan kita keluarkan," lanjut Syahrul.

Saat ini proses menjadikan tempat wisata malam itu telah berada pada tahap pendataan dan pembenahan. Pembenahan dilakukan dengan melibatkan berbagai suku dinas di Jakarta Selatan, seperti Suku Dinas Penerangan Jalan, Suku Dinas Pekerjaan Umum, serta suku dinas lainnya. Ini juga termasuk pembenahan pasar oleh PD Pasar Jaya serta pembenahan terminal. "Tidak boleh ada ego sektoral," tegas Syahrul.

Syahrul yakin pembuatan Blok M jadi wisata kuliner malam berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab, kata dia, wisata malam itu akan menyerap banyak tenaga kerja maupun meningkatkan penerimaan pajak. Selain Melawai, Syahrul juga berencana menjadikan Pasar Minggu dan Pasar Kebayoran Lama menjadi tempat wisata serupa. "Desain keduanya sedang digodok. Yang pasti akan kita jadikan kawasan terpadu antara terminal dan pasar yang nyaman dan bersih," ujar Syahrul. (Amirullah)

Sumber: http://www.tempointeraktif.com 27 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts