Pengunjung Festival Kuliner Meningkat

Jakarta - Pada penyelenggaran yang ketiga kalinya, pengunjung Festival Kuliner Nusantara yang diadakan Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat ini meningkat hingga 70 persen di bandingkan tahun sebelumnya. Faktor lokasi penyelenggaraan dan waktu pelaksanaan diakui sebagai penyebabnya. "Dibandingkan tahun lalu tahun ini lebih ramai, meningkatnya jauh bisa sampai 70 persen," ungkap penyelenggara Festival Kuliner Nusantara, Adit, Minggu (5/12/2010), di Monas, Jakarta.

Peningkatan itu diakui Adit karena lokasi penyelenggaran di Monas yang banyak dikunjungi warga Jakarta dan juga karena dilaksanakan pada akhir tahun sehingga lebih ramai. "Tahun pertama soalnya diadakan di Pasar Baru, tahun kemarin diadakan di Jalan Jaksa, tahun ini baru kami pindahkan ke Monas. Dan animonya cukup bagus, maka kami adakan dua hari, tahun-tahun sebelumnya hanya sehari," ungkap Adit.

Pada hari pertama penyelenggarannya, festival ini mampu menarik 15.000 pengunjung. Sementara di hari kedua ini, sampai menjelang siang hari, panitia mengklaim sudah ada 15.000 pengunjung yang silih berganti berdatangan. "Hari ini kami targetkan 25.000 pengunjung yang hadir sampai malam nanti," ucapnya.

Ketika ditanya, berapakah kiranya total nilai transaksi yang terjadi selama dua hari ini, Adit enggan menjawabnya. "Itu rahasia perusahaan," ungkapnya sembari tersenyum.

Jika melihat statistik angka, peningkatan memang terjadi.Namun, di lokasi acara tidak tampak keramaian yang padat hingga menyebabkan antrian yang mengular. Beberapa stand memang terus ramai dikunjungi seperti stand Mie Hijau, stand minuman Ez Na, stand Soto Kudus, namun beberapa tampak sepi seperti stand Mie Kocok Bandung.

Sepinya festival ini juga dirasakan Ojie (32), asal Ragunan. "Yang kurang dari festival ini cuma kurang ramai aja, makanan-makananya sih mantap," aku Ojie, yang baru saja mencicipi Nasi Pepes bersama dua orang temannya ini.

Pihak panitia mengaku keramaian akan mulai terjadi pada sore hingga malam hari saat cuaca tidak terlalu panas sehingga pengunjung pun bisa dengan nyaman menyantap pesanannya.

-

Arsip Blog

Recent Posts